Donald Trump di Tegur Raja Salman Minum dengan Tangan Kiri, Kenapa ya ?

0
23
Donald Trump di Tegur Raja Salman Minum dengan Tangan Kiri, Kenapa ya ?

SERIBUU.COM – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menegur Presiden AS Donald Trump karena meminum dengan tangan kiri. Hal tersebut terjadi saat lawatan Trump ke Arab Saudi Sabtu (20/5) lalu.

Saat itu Trump menerima secangkir kopi namun belum sempat Trump menenggak kopi tersebut Raja Salman yang berdiri di sampingnya memberitahu bahwa meminum harus dengan tangan kanan.

“Dengan tangan kanan,” kata Raja Salman.

Akhirnya Trump langsung memindahkan cangkir yang di pegangnya ke tangan kanan, dan meminumnya bersama dengan Raja.

“Selalu dengan tangan kanan, benar kan, selalu dengan tangan kanan,” ujar Trump.

Apa makna di balik teguran Raja Salman tersebut.

Dalam Islam memang diajarkan bahwa makan ataupun minum harus menggunakan tangan kanan. Tidak hanya untuk makan saja, Rasulullah juga menyarankan untuk menggunakan tangan kanan ketika hendak melakukan pekerjaan yang bersih.

Donald Trump di Tegur Raja Salman Minum dengan Tangan Kiri, Kenapa ya ?

Sementara tangan kiri hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan kotor, misalnya membersihkan anggota tubuh usai ke toilet.

Berikut beberapa hadits yang berkaitan dengan hal tersebut:

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar dalam Shahih Muslim, Rasulullah melarang umatnya makan dan minum menggunakan tangan kiri.

“Janganlah kamu makan dan minum menggunakan tangan kiri karena yang makan dan minum menggunakan tangan kiri hanyalah setan.” Hal ini harus dilakukan bagi setiap orang yang memiliki tangan kanan dalam keadaan sehat dan sempurna. Lain hukumnya jika orang itu sedang mengalami cedera, luka, sakit atau cacat di tangan kanannya, maka hal ini dimaklumkan.

Sewaktu aku masih kecil, saat berada dalam asuhan Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam, pernah suatu ketika tanganku ke sana ke mari (saat mengambil makanan) di nampan. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadaku: “wahai bocah, ucaplah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta ambil makanan yang berada di dekatmu”. (HR. Bukhari no.5376, Muslim no.2022)

Selain itu makan dengan tangan kanan juga merupakan budaya yang sudah melekat di berbagai negara. Negara tersebut seperti di Maroko, India dan negara-negara di Timur Tengah seperti Arab Saudi. Di Indonesia sendiri, makan dengan tangan kanan telah jamak dilakukan sejak dahulu.

Selain dengan tangan kanan, di negara-negara tersebut juga memiliki budaya lain sebelum makan. Budaya tersebut adalah mencuci tangan sebelum makan.

LEAVE A REPLY