Inilah Yang Terjadi Pada Otak Jika Kita Berpuasa

0
48
Inilah Yang Terjadi Pada Otak Jika Kita Berpuasa

Seribuu.com Puasa tidak hanya berdampak pada tubuh saja tetapi juga pada otak. Hal itu diungkapkan oleh pakar Neurosains dari University of Califoria, Irvine, Taruna Ikrar.

Ia Mengungkapkan bahwa puasa akan mengubah aktivitas otak, serta mempengaruhi plastisitas atau kemampuan mengubah struktur beserta fungsinya.

Pakar menuturkan puasa akan mempengaruhi 3 macam perubahan otak yaitu Sinaptik, Neurogenesis, dan Fungsional.

Inilah Yang Terjadi Pada Otak Jika Kita Berpuasa

Plastisitas sinaptik terjadi saat otak terlibat dalam pembelajaran dan pengalaman baru. Interaksi serta jaringan baru akan terbentuk pada hubungan sel-sel saraf di otak.

Sementara Neurogenesis merupakan Proliferasi atau perkembangan secara cepat neuron baru pada sel otak. Sel induk akan berkembang menjadi sel piramida dan selanjutnya menjadi sel dewasa.

Sel saraf dewasa memiliki penampakan berbeda dengan yang lainnya karena memiliki tonjolan untuk memaksimalkan kemampuan menerima dan menghantarkan rangsangan yang disebut dengan dendrit dan akson.

Sel-sel saraf baru akan berpindah ke sejumlah otak untuk merehabilitas sel-sel yang telah rusak atau mati. ” ungkap Pakar.

Plastisitas fungsional akan mempengaruhi fungsi kinerja otak secara keseluruhan pada orang tua biasanya sudah menurun.

Studi terbaru telah menunjukan, bahwa otak yang mencapai solusi fungsional melalui aktivitas jalur saraf alternatif, yang paling mengaktifkan daerah di kedua belahan otak.

Perubahan Plastisitas otak karena puasa bisa dirasakan oleh tiap orang yang melakukannya dalam jangka panjang.

Dan untuk Plastisitas akan meningkat secara otomatis kapasitas memori dan juga meningkat. Selanjutnya ini akan meningkatkan daya ingat karena space memori di otak kita akan meningkat.

Jadi, meskipun puasa kadang membuat kita sulit berkonsentrasi karena kadar glukosa yang turun, tetapi jika dalam jangka panjang maka puasa justru memberikan manfaat bagi otak kita.

LEAVE A REPLY