Mengenal Penyakit yang di Derita Oleh Julia Perez, Wajib Tahu Nih !!

1
35
Mengenal Penyakit yang di Derita Oleh Julia Perez, Wajib Tahu Nih !!

Seribuu.com – Pada bulan November tahun 2014 lalu,  Artis yang dikenal dengan nyanyian belah duren yaitu Julia Perez membeberkan ke publik bahwa ia terkena penyakit Kanker Serviks. Tiga bulan kemudian setelah ia berobat ke Singapura, Julia Perez sempat dinyatakan sembuh dari Kankernya

Mengenal Penyakit yang di Derita Oleh Julia Perez, Wajib Tahu Nih !! 2

Lalu, Setahun kemudian personel Trio Cecepy ini mengungkapkan bahwa kanker Serviks yang ia derita sudah mencapai stadium akhir.

Sejak beberapa bulan lalu, Jupe menjalani Kemoterapi dan perawatan di rumah sakit. Pada tanggal 12 Februari 2017, Jupe dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSCM karena terus mengigil dan kaki kirinya mulai membengkak. Setelah menjalani banyaknya operasi yang dilakukan, Akhirnya takdir mengatakan lain, Julia perez atau nama asli yang dikenal sebagai Yuli Rahmawati wafat pada tanggal 10 Juni 2017.

Mengenal Penyakit yang di Derita Oleh Julia Perez, Wajib Tahu Nih !! 2 Kanker Serviks atau leher rahim merupakan jenis kanker yang disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18. Di Indonesia penyakit ini diperkirakan lebih dari satu wanita meninggal dunia akibat mempunyai penyakit kanker serviks setiap jamnya.

Wanita yang sudah menikah berisiko tinggi terkena penyakit Kanker Serviks. Jika HPV telah menular saat berhubungan seksual, dalam waktu beberapa atau puluhan tahun, HPV akan merusak Serviks dan menimbulkan kanker.

Banyak orang yang tidak dapat membayangkan apa yang terjadi pada dalam tubuh penderita kanker serviks dan bagimana rasa sakitnya. Pengetahuan mengenai penyakit ganas yang diderita Julia Perez, dapat membantu kita untuk lebih berhati-hati saat melakukan hubungan seksual.

Salah satu metode yang digunakan dokter untuk menggambarkan stadium kanker menggunakan sistem TNT. Biasanya untuk kanker serviks ada 5 tahap, Yakni tahap 0 dan tahap 1 sampai tahap 5. Dengan mengetahui stadium kanker yang diderita sesoerang, dokter akan dapat merencanakan perawatan dan pengobatan secepatnya biar tidak menular.

Setiap stadium kanker memiliki beberapa sub-sub divisi. Dari sini anda bisa mendapat gambaran mengenai letak dan ukuran sel kanker.
Stadium 1, Sel-sel kanker hanya berada di leher rahim, Stadium 1 dibagi lagi menjadi :
1A   : Sel kanker berukuran sangat kecil sehingga hanya bisa dilihat di bawah mikroskop.
1A1 : Kanker akan menyerang hingga kedalaman 3mm atau kurang dan memiliki lebar 7mm atau kurang.
1A2 : Kanker menyerang hingga kedalaman antara 3 sampai 5 mm dengan lebar 7mm.
1B   : Sel kanker bisa juga terlihat mata tetapi masih terbatas pada serviks.
1B1 : Ukuran sel kanker tidak lebih besar dari 4 cm.

Stadium 2, Kanker mulai menyebar ke stuktur di sekitarnya seperti Vagina atau jaringan di samping leher rahim. Stadium 2 dibagi lagi menjadi :
2A   : Kanker mulai menyebar ke bagian atas vagina.
2A1 : Ukuran tumor atau kanker tidak lebih besar dari 4 cm.
2A2 : Ukuran tumor lebih besar dari 4cm
2B   : Kanker mulai menyebar ke jaringan di samping leher rahim.

Stadium 3, Kanker mulai menyebar ke daerah-daerah seperti bagian bawah vagina atau jaringan di sisi daerah panggul. Stdaium 3 dibagi lagi menjadi :
3A  : Kanker mulai menyebar ke bagian bawah vagina.
3B : Kanker mulai menyebar ke seluruh jaringan di sisi daerah panggul dan dapat menekan salah satu ureter. Jika tumor menyebabkan pada ureter maka ada kemungkinan ada penumpukan urin di Ginjal.

Stadium 4, Kanker telah menyebar ke kandung kemih atau Usus. Stadium 4 dibagi menjadi :
4A : Kanker sudah menyebar ke organ terdekat seperti kandung kemih dan usus.
4B : Kanker telah menyebar ke organ yang lebih jauh seperti paru-paru, liver dan tulang.

Gejaka Kanker Serviks tidak selalu jelas, dan mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali sampai mencapai staidum lanjut. Inilah sebabnnya mengapa sangat penting untuk melakukan skrining serviks. Gejala awal yang akan muncul jika anda memiliki kanker serviks diantaranya adalah pendarahan vagina yang tidak biasanya. Biasanya akan terlihat pada pertama kali dan biasanya terjadi setelah melakukan hubungan seksual.

Gejala lain penderita kanker serviks yang sering dialami penderita adalah rasa sakit dan ketidaknyamanan saat melakukan hubungan seksual dan mengeluarkan cairan keputihan yang berbau tidak sedap.

Jika kanker mulai menyebar keluar dari leher rahim hingga ke jaringan atau organ sekitarnya dapat memicu gejala :

  • Sembelit
  • Mengeluarkan darah dalam urin (Hematuria)
  • Kehilangan kontrol kandung kemih (Urinary Icontinence)
  • Pembengkakan pada salah satu kaki
  • Nyeri parah di sisi tubuh bagian belakang akibat pembengkakan ginjal (Hidronefrosis)
  • Kehilangan napsu makan
  • Penurunan berat badan yang deratis.
  • Kehilangan banyak energi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY