Pasar Game di Indonesia Terus Tumbuh, Tapi..

0
16
Pasar Game di Indonesia Terus Tumbuh, Tapi..

SERIBUU.COM – Pasar game di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan. Meski membanggakan, sayangnya kita belum jadi raja di negeri sendiri.

Disebutkan Hari Sungkari, Deputy Chairman of Infrastructure Badan Ekonomi Kreatif, nilai pasar game dalam tiga tahun terakhir terus naik.

BACA JUGA : Seberapa Dalam Manusia Bisa Menggali Dasar Bumi?

“Pada 2014, nilai pasar game Indonesia mencapai USD 181 juta. Sementara pada tahun 2015, USD 321 juta, dan 2016 mencapai USD 580 juta. Tahun ini diperkirakan USD 700 jutaan,” kata Hari saat ditemui di Kantor Bekraf, Jakarta, Jumat (21/7/2017).

Meski demikian, dari porsi kue yang besar itu, sayangnya Indonesia hanya mendapat secuil potongan, yakni 1,7%. Ini sangat disesali, mengingat game di Indonesia memiliki pertumbuhan pendapatan yang lebih besar dari negara tetangga.

“Bila dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara, pendapatan dari game yang diraih Indonesia mencapai 21% dari total nilai USD 2,2 miliar. Persentase ini meningkat dari tahun 2013,” papar Hari.

Itu untuk nilai game secara keseluruhan. Sementara untuk pasar game mobile, pendapatan yang diraih Indonesia juga tak kalah membanggakan. Indonesia menempati urutan nomor satu pendapatan tertinggi game mobile dengan jumlah USD 331 juta.

Berbeda jauh dengan Thailand yang hanya berkisar USD 275 juta, Malaysia di USD 238 juta, Singapura di USD 143 juta, Filipina di USD 143 juta, dan Vietnam di USD 136 juta. Data ini diambil dari riset Newzoo.

Karenanya, sebagai bentuk dukungan, Bekraf kemudian aktif mendorong berbagai macam event game di Indonesia. Salah satunya event Bekraf Game Prime 2017 yang tengah dihelat.

LEAVE A REPLY