Alasan kenapa bisa lupa lapar saat beraktivitas yang menyenangkan

1
18
Alasan kenapa bisa lupa lapar saat beraktivitas yang menyenangkan

SERIBUU.COM – Kenyataan ini pasti pernah dialami siapa saja. Ketika merasa lapar berat tetapi tiba-tiba bisa melupakannya tengah melakukan aktivitas yang menyenangkan, sebagai contoh membaca buku favorit atau menonton film kesukaan.

Nah yang menjadi pertanyaannya adalah mengapa lapar bisa teralihkan oleh aktivitas menyenangkan ya? Berdasarkan tinjauan dalam jurnal Physiology and Behavior 2016, saat orang lapar ada hal yang mengarahkan otak bahwa tubuh membutuhkan makanan. Satu dari hal yang mengarahkan tersebut adalah hormon ghrelin.

BACA JUGA : Berawal dari Gigitan Kucing, Wanita Ini Terjangkit Sindrom Mematikan

Ghrelin adalah hormon yang hanya dimiliki mamalia yang bisa menunjukkan rasa lapar dan asupan makanan ke manusia. Hormon ini diproduksi di dalam perut dan usus dua belas jari. Saat diproduksi, gherlin bisa menembus tembok otak darah dan menarget bagian penting otak untuk membangkitkan rasa lapar.

Level gherlin akan menurun saat makan dan meningkat sebelum makan. Nah saat konsentrasi meningkat ketika lapar, gherlin ternyata bisa dialihkan karena suasana hati yang nyaman saat melakukan aktivitas menyenangkan.

Aktivitas menyenangkan tersebut akan membuat hormon gherlin tidak bekerja maksimal mengirim sinyal ke otak untuk memberitahukan bahwa kita tengah lapar berat.

“Saat Anda benar-benar tengah teralihkan, sebagian orang bisa kehilangan rasa lapar mereka,” terang Leah Groppo, ahli diet di Stanford Health Care di Palo Alto, California, dikutip dari livescience, Minggu (30/7).

Tetapi, tidak semua aktivitas menyenangkan bisa mengalihkan rasa lapar. Terutama saat melakukannya berdekatan dengan sumber makanan, semisal membaca novel di dapur. Meski novel tersebut menyenangkan tapi karena tempat membacanya di dapur, otak akan lebih dominan mengirimkan sinyal lapar dan memintamu makan segera.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY