Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif!

0
193

Seribuu.com¬†–¬†Bicara soal bendera, pasti juga membicarakan soal identitas. Bendera Indonesia sendiri dipandang sebagai sebuah simbol dan sejarah perjuangan, dimana dibalik itu semua tergambar pengorbanan jiwa raga seluruh rakyat Indonesia. Jadi wajar saja jika insiden terbaliknya gambar bendera merah putih dalam gambar brosur SEA Games 2017 yang mendadak jadi viral kemarin, langsung membuat amarah warga Indonesia. Malaysia selaku pihak penyelenggara SEA Games 2017 dianggap menghina simbol bangsa Indonesia.

Entah apakah itu memagn ketidaksengajaan atau ada faktor lain, kesalahan seperti itu memang seharusnya dihindari. Apalagi mengingat kalau kenyataannya banyak sekali bendera-bendera negara yang hampir mirip. Kesalahan Malaysia ini bisa dibilang sangat fatal karena bendera Indonesia jika dibalik merupakan negara Polandia yang jelas-jelas tidak ikut perhelatan akbar olah raga SEA Games 2017. Tidak dibalikpun, bendera merah putih sebenarnya sama dengan bendera Monako. Hanya saja rasio ukuran yang berbeda. Indonesia 2:3, sedangkan monako 4:5. Jadi sangat harus hati-hati.

Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif!

Nah kalau dipikir-pikir, kenapa ya kalau memang melambangkan identitas, bendera negara-negara didunia ini justru banyak yang mirip. Bukan cuman bendera Indonesia Monako atau Polandia saja, banyak bendera nasional lain yang mirip satu sama lain. Ada yang dari Warna hanya dibalik saja atau hanya ditambah dengan logo yang berbeda sedikit. Nah penasaran kan ? simak ulasan Seribuu.com kali ini !

  • Secara umum, hal tersebut bisa terjadi karena memang negara-negara yang bersangkutan memiliki kesamaan sejarah, kedekatan wilayah, atau pernah dijajah oleh bangsa yang sama.

    Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif! 1

  • Contohnya bendera negara-negara persemakmuran Inggris. Kebanyakan ada simbol Union Jack-nya.

    Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif! 2

  • Meski berbeda-beda warnanya, semua (kecuali Greenland) bendera negara-negara Skandinavia ada simbol salibnya. Yang pertama kali menggunakan cross ini adalah Denmark.

    Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif! 2Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif! 4

  • Kalau lambang salib populer di negara Skandinavia, negara-negara muslim di semenanjung Arab juga benderanya coraknya sama.

    Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif! 5

  • Sedangkan negara-negara Afrika juga punya corak warna benderanya tersendiri.

    Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif! 6

  • Ada juga negara dengan bendera mirip meskipun tidak memiliki kesamaan sejarah atau wilayah. Biasanya karena nilai yang dilambangkan oleh warna itu sendiri.

    Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif! 7

Seperti halnya dengan Indonesia dan Monak yang tetap mempertahankan warna merah putih sebagai benderanya karena dengan alasan sejarah. Kedua warna tersebut sudah menjadi corak khas keluarga Grimaldi (Penguasa Monako) sejak tahun 1339, tetapi dengan desain ynag berubah-ubah. Sedangkan Warna merah putih di Indonesia sudah dipakai sejak Kerajaan Majapahit, sekitar abad ke-13. Sangat menarik kan ? ada yang warna benderanya sama karena sejarahnya sama, tetapi ada juga yang warnanya sama meskipun sejarahnya sama sekali berbeda.

Karena kesamaannya dengan bendera Monako itu, sebenarnya sempat terbesit keinginan terbesit untuk menambahkan lambang Garuda di bendera Indonesia lho.

Inilah Alasan Kenapa Banyak Bendera Nasional yang Mirip di Dunia. Bukan Karena Tidak Kreatif! 8

Meski simbol identitas, ternyata banyak banget lho negara yang justru benderanya mirip-mirip satu sama lain. Bukannya karena nggak kreatif, tapi kemiripan itu justru melambangkan sejarah masing-masing negara yang nyatanya banyak yang mirip. Ya yang namanya manusia itu memang serumpun kali ya, jadinya mirip-mirip gitu. Meskipun mirip, kita tetap harus menghormati bendera dan sejarah masing-masing negara.

Baca juga : 5 Peristiwa memalukan ini terjadi pada gelaran Sea Games Malaysia 2017

LEAVE A REPLY