5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Akhir Pekan Tak Lagi Menyehatkan

1
22

SERIBUU.COM – Akhir pekan segera tiba, atau sudah berlangsung bagi yang merayakan long weekend. Pastikan tidak terjebak kebiasaan buruk agar tetap sehat di libur panjang ini.

Setelah sepekan menjalani berbagai kesibukan, libur akhir pekan selalu menjadi salah satu yang paling dinantikan. Ini adalah kesempatan untuk lepas dari rutinitas, me-refresh badan sekaligus pikiran agar kembali bugar di pekan berikutnya.

BACA JUGA : Sudah makan banyak tapi tetap merasa lapar? Ini alasannya

Sayangnya, ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat istirahat di akhir pekan tidak lagi menyehatkan, atau berkurang manfaatnya.

Berikut 5 Kebiasaan Buruk yang seharusnya mulai dikurangi :

1. Tidak bisa lepas dari ponsel

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Akhir Pekan Tak Lagi Menyehatkan

Zaman sekarang, mana bisa benar-benar lepas dari teknologi? Sekali waktu, mengecek ponsel tetap perlu karen mungkin memang ada yang penting dan mendesak untuk ditindak lanjuti.

Namun bukan berarti harus selalu membuka email dan jejaring media sosial sepanjang waktu. Terlalu lekat dengan hal-hal tersebut justru meningkatkan level stres, dan mengurangi manfaat libur akhir pekan. Manfaatkan libur untuk lebih banyak berkumpul dengan keluarga.

2. Tidur larut malam

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Akhir Pekan Tak Lagi Menyehatkan

Mumpung akhir pekan, berarti tidak ada kewajiban bangun pagi. Banyak orang lalu tidur lewat tengah malam, begadang bersama teman-teman. Atau bahkan, begadang untuk memantau update di media sosial.

Walau sedang akhir pekan, ada baiknya pola tidur yang sehat tetap dipertahankan. Mengubah pola tidur dengan begadang, akan mengacaukan siklus mengantuk dan makin sulit untuk kembali ke siklus normal di awal pekan berikutnya.

3. Makan berlebihan

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Akhir Pekan Tak Lagi Menyehatkan

Sama seperti begadang, makan berlebihan juga menjadi aktivitas favorit sebagian orang untuk melewatkan akhir pekan. Akhir pekan sering menjadi cheating day bagi yang menjalankan diet.

Sebenarnya sah-sah saja, asal tahu batasan dan risikonya. Terlalu semangat untuk cheating, menurut sebuah penelitian di jurnal Obesity, bisa membuat diet berantakan. Sistem metabolisme yang telah terbentuk dalam sepekan sebelumnya, jadi kacau hanya karena berlebihan makan lemak.

4. Masih memikirkan pekerjaan

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Akhir Pekan Tak Lagi Menyehatkan

Libur adalah bagian dari pekerjaan, tapi bukan berarti harus bekerja saat akhir pekan. Mengistirahatkan diri di akhir pekan adalah salah satu upaya untuk menyegarkan badan dan pikiran, agar lebih produktif setelahnya.

Jika kesempatan untuk istirahat tidak maksimal karena terganggu oleh pekerjaan, yang terjadi adalah level stres meningkat. Produktivitas menurun dan bahkan bisa sakit-sakitan.

5. Olahraga berlebihan

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Akhir Pekan Tak Lagi Menyehatkan

Kurang olahraga sama buruknya dengan olahraga berlebihan, terlebih yang dilakukan dalah satu waktu. Weekend warrior adalah istilah untuk orang-orang yang tidak sempat olahraga di tengah pekan, lalu balas dendam dengan olahraga berlebihan di akhir pekan.

Menurut para pakar, ini bisa menciptakan stres pada otot maupun sistem metabolisme. Olahraga secara teratur dan terukur lebih dianjurkan untuk mendapat tubuh yang lebih bugar.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY