Hujan es di Magelang

0
38

seribuu.com – Fenomena langka ini terjadi kemarin (24/1) di kota Magelang, Jawa Tengah. Fenomena ini terjadi hujan lebat yang di sertai gumpalan es kecil. dengan ada nya hujan yang di sertai es ini menurunkan jarak pandang dan sampai merubuhkan baliho.

adapun pertanyaan kenapa bisa hujan es di negara tropis seperti Indonesia? Mengapa hal tersebut dapat terjadi terjadi?

BACA JUGA : Pria China Tinggal di Kolong Jembatan Hanya untuk Cari Wangsit Nomor Lotre.

fenomena yang bernama hujan es ini berbeda dengan salju. Hal ini terjadi seperti hujan, di mana pembentukannya melalui kondensasi uap air dan mengalami pendinginan di atmosfer pada lapisan di bawah level beku. Di atas sana, gumpalan es ini berukuran besar, di mana ketika sudah cukup besar untuk tertarik gravitasi, akhirnya jatuh ke tanah dalam bentuk gumpalan es.

Meski jatuh ke bawah yang suhunya relatif lebih hangat, es tidak langsung mencair dan mencairkannya saatb terjatuh ke Bumi.

Hujan es ini biasanya terjadi di bawah ketinggian 3.400 meter, di mana terjadi titik pembekuan. Pergerakan udara kering yang masif menyebabkan awan cumulonimbus tingkat bekunya menurun. Akhirnya hujan volume besar terjadi namun masih dalam bentuk gumpalan es.

BACA JUGA : Gempa 6,1 Skala Richter Mengakibatkan 100 rumah Rusak di lebak Banten

Berkat fakta ini, sebenarnya hujan es sendiri juga akan tidak lazim terjadi di daerah tropis karena atmosfer di atas daerah tropis cenderung hangat di ketinggian yang juga lebih tinggi.

Namun, daerah tropis ternyata mungkin juga terjadi hujan es, namun fenomena tersebut akan lebih sering terjadi jika berada di daerah tinggi seperti Magelang.

LEAVE A REPLY