4 Aplikasi untuk Pantau Hasil Pilkada 2017 lewat HP

0
20

SERIBUU.COM – Pemilihan kepala daerah secara langsung dan serentak tahun ini tinggal menghitung hari. Banyak orang selalu penasaran ingin mengetahui perolehan suara para calon yang mereka dukung pada hari-H pencoblosan, 15 Februari mendatang secara cepat, bila perlu pada hari itu juga.

Selain mengandalkan hitung cepat lembaga survei yang biasanya diumumkan beberapa jam sebelumnya, pemantauan hasil pilkada juga bisa menggunakan mobile apps.

Dan inilah ke 4 aplikasi tersebut :

1. Kawal Pilkada 2.0

Aplikasi Kawal Pilkada merupakan piranti lunak yang dikeluarkan komunitas Code4Nation yang dahulu terkenal dalam mengawal Pemilu 2014. Komunitas ini dahulu digawangi Ainun Najib dan Khairul Ansar, dalam bentuk web melalui www.kawalpilkada.id. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memantau hasil pemilihan gubernur di tujuh provinsi maupun pemilihan bupati atau walikota di 85 wilayah.

BACA JUGA : Samsung Galaxy S9 yang akan segera hadir

2. MataRakyat

Aplikasi ini merupakan kreasi dari PT Intouch Innovate Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan peranti lunak dan aplikasi bergerak. Aplikasi ini diklaim memungkinkan warga untuk berpartisipasi dalam pengumpulan data dari masing-masing TPS sehingga publik bisa mendapatkan hasil Pilkada secara cepat, akurat dan independen. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android 4.0 ke atas serta iOS versi 8.0 atau yang terbaru. Pada versi Android, aplikasi MataRakyat sudah diunduh 1000 kali. Aplikasi ini diperbarui pada 3 Februari 2017 lalu.

3. Quick Count Pilkada 2017

Aplikasi ini dikeluarkan lembaga survei asal Lampung, Rakata Institute, yang terdaftar di KPU DKI Jakarta dan KPUD Bekasi untuk memantau hitung cepat Pilkada 15 Februari mendatang. Lembaga survei ini mengklaim aplikasinya akan menampilkan quick count (hitung cepat) pilkada di delapan wilayah, yaitu DKI Jakarta, Kabupaten Bekasi, Provinsi Banten serta lima kabupaten di Provinsi Lampung yaitu Pringsewu, Lampung Barat, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat serta Mesuji.

BACA JUGA : Gaya Rambut Pasha Justru Menuai Kontroversi

4. iCount Saksi

Selain tiga aplikasi di atas, ada juga aplikasi yang dibuat oleh tim sukses pasangan nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Aplikasi ini dirancang perusahaan Nitoza Indonesia Mandiri, yang didirikan Tomy Ismail. Apps iCount Saksi khusus atau hanya terbatas digunakan oleh tim saksi dari Anies-Sandi untuk melakukan perekaman, pemantauan dan pelaporan perkembangan suara pasangan calon mereka. Aplikasi ini baru diunduh kurang dari 100 pengguna.

LEAVE A REPLY