Penyumbang Pembelian Pesawat Pertama RI Bertemu Presiden Jokowi

0
31

Seribuu.com – Keinginan Nyak Sandang untuk bertemu Presiden Joko Widodo akhirnya terwujud. Nyak Sandang merupakan salah satu warga negara yg ikut menyumbangkan harta kekayaannya kepada pemerintah agar bisa membeli pesawat terbang pertama di Indonesia.

Saat itu, Soekarno menerima sumbangan dari masyarakat Aceh sebesar SGD 120.000 dan 20 kilogram emas murni. hal itu berawal dari kunjungan proklamator Soekarno ke Aceh pada tahun 1948. Saat itu, Soekarno sedang mencari dana untuk pembelian pesawat pertama pasca-kemerdekaan RI. Nyak Sandang yang saat itu berusia 23 tahun kemudian menjual sepetak tanah dan 10 gram emas dengan harga Rp 100.

Pengelihatan Nyak Sandang sudah mulai kabur seiring usianya yang sudah memasuki 9 1tahun karena penyakit katarak. Nyak Sandang terbang ke Jakarta dari kampung halamannya di Aceh pada Selasa (20/3/2018).

BACA JUGA : Saham Facebook Turun, Mark Zuckerberg Rugi Rp 825 Triliun

Pada Rabu (21/3/2018) petang, selepas Maghrib, ia bertemu Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jakarta. “Ini Pak Jokowi, Ayah,” kata Maturidi, salah satu putranya, kepada Nyak Sandang, ketika Jokowi berdiri depanya.

Dalam pertemuannya tersebut, Nyak Sandang mengatakan beberapa permohonan kepada Jokowi.

Pertama, Nyak Sandang memohon bantuan agar ia mendapatkan layanan operasi katarak. Presiden Jokowi berja nji mengurusnya. Kedua, Nyak Sandang juga memohon Presiden Jokowi untuk mendirikan masjid di kampung halamannya di Lamno, Aceh. Ketiga, Nyak Sandang ingin sekali menunaikan ibadah haji. Untuk yang ini, Jokowi mengatakan bahwa ibadah haji memerlukan sejumlah syarat.

LEAVE A REPLY