Pertemuan Bersejarah Korut-Korsel, Dalam Mewujudkan Perdamaian Permanen

0
29

SERIBUU.COM – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres memuji pertemuan pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara. Dia menilai itu adalah pertemuan yang benar-benar bersejarah.

Dilansir AFP, Jumat (27/4/2018), Guterres mendorong pihak Korut dan Korsel segera mengubah komitmen mereka menjadi aksi nyata.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In bertemu di Panmunjom. Mereka bersepakat untuk menuju perjanjian perdamaian permanen. Mereka juga bersepakat untuk mengadakan denuklirisasi di kawasan semenanjung Korea.

“Menyambut pertemuan yang benar-benar bersejarah hari ini,” demikian pertanyaan Guterres.

Guterres “memberi hormat terhadap keberanian dan kepemimpinan yang terwujud dalam komitmen penting serta aksi yang disetujui”. Mereka mengandalkan kedua pihak untuk “secara cepat mengimplementasikan semua aksi yang disetujui”.

“Dia menantikan perkembangan ini dikonsolidasikan, serta segera diadakan pertemuan antara pemimpin Amerika Serikat dan DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea/Korea Utara) dalam waktu dekat,” imbuh Guterres.

Presiden AS Donald Trump memuji pertemuan bersejarah itu sebagai “hal baik” yang terjadi di semenanjung Korea. Menteri Luar Negeri China memuji kedua pemimpin Korea atas keberanian yang mereka punyai. China menyatakan peristiwa itu membuka peluang stabilitas jangka panjang di kawasan semenanjung Korea.

LEAVE A REPLY