Polisi Thailand Menangkap Biksu Dan Jamaah Terkemuka Dugaan Skandal Keuangan Ilegal

0
12

SERIBUU.COM – Kepolisian Thailand menggerebek empat kuil Buddha di Bangkok, Thailand. Beberapa biksu dan jamaah ditangkap atas dugaan skandal transaksi keuangan ilegal oleh kuil-kuil.

Dilansir dari Reuters, Kamis (24/5/2018), penggerebekan dilakukan pada Kamis hari ini. Pengungkapan kasus dalam rangka mereformasi Buddha yang ada di Thailand.

Lebih dari 90 persen penduduk Thailand atau sekitar 69 juta orang merupakan pengikut Buddha. Hanya saja baru-baru kesuciannya dinodai oleh dugaan skandal seks dan uang yang melibatkan para biarawan.

“Ini tahap investigasi… semuanya akan mengarah ke fakta dan bukti,” kata pejabat Biro Investigasi Pusat Thitiraj Nhongharnpitak.

Lebih dari 100 aparat penegak hukum menggerebek 4 kuil di Bangkok dan provinsi yang berdekatan dengan Nakhon Pathom.

Di antara yang ditangkap adalah Phra Buddha Issara (62) sebuah biarawan yang memimpin protes pada 2014 dan menyerukan kampanye untuk membersihkan agama Buddha, tetapi mendapatkan musuh dengan secara terbuka menyebut pemimpin agama lain yang dituduh melakukan kesalahan.

Phra Phrom Dilok (72), anggota Dewan Tertinggi Sangha, yang mengatur para biksu di Thailand, juga ditangkap atas dugaan penggelapan dana kuil.

Dua biksu senior lainnya, Phra Sri Khunaporn dan Phra Wichit Thammaporn, juga ditangkap atas dugaan penggelapan. Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan mengatakan penangkapan itu akan berhasil mengungkap akar masalah.

Biksu Buddha sangat dihormati di Thailand dan mengambil tindakan terhadap mereka secara historis dianggap tabu. Tetapi skandal-skandal baru-baru ini memaksa pihak berwenang untuk memikirkan kembali bagaimana mereka menangani tuduhan terhadap para pemimpin agama Buddha.

LEAVE A REPLY