5 Tips Antipanik Saat Bayar Tagihan Listrik

0
28

SERIBUU.COM – Sejak dulu, aktivitas masyarakat tidak lepas dari kebutuhan akan listrik. Untuk dapat terus menggunakannya, pengguna listrik tentu harus membayar tagihan setiap bulan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Namun, karena dituntut oleh kesibukan aktivitas setiap hari, banyak orang sering lupa untuk membayar tagihan listrik. Kendala lainnya, banyak juga yang tak sadar sudah menggunakan listrik terlalu banyak sehingga tagihan bulanannya membengkak. Hal tersebut menjadi alasan banyak orang yang panik saat akan membayar tagihan listrik.

Untuk menghadapinya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, seperti mulai hemat penggunaan listrik dan menggunakan alat elektronik hemat energi. Selain itu, ada beberapa tips lainnya yang perlu kamu perhatikan agar tidak panik saat membayar tagihan listrik. Apa saja? Simak tipsnya di bawah ini!

1. Bayar Tagihan Secara Online

Saat ini, bayar tagihan listrik dapat dilakukan secara online dengan hanya menggunakan ponsel pintar. Dengan cara ini, kamu hanya perlu mengakses situs penyedia layanan pembayaran listrik, lalu menyelesaikan pembayaran dalam hitungan detik. Beberapa bentuk pembayaran online misalnya: situs resmi PLN, m-banking, e-banking, maupun agen pembayaran online.

2. Pakailah Listrik Pascabayar

Saat menggunakan listrik pascabayar, pelanggan akan mengisi daya listriknya dengan membeli sejumlah pulsa. Kemudian, pulsa listrik tersebut dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu.

Dengan metode ini, penggunaan listrik bisa lebih terkontrol karena pengguna sudah mengetahui daya yang dimiliki sejak sebelum pemakaian. Jika daya sudah mulai menipis sebelum tenggat waktu yang diperkirakan, itu artinya kamu harus mulai memperhatikan penggunaan listrik dan melakukan penghematan lebih.

3. Catat Histori Pembayaran Setiap Bulan

Untuk memastikan penggunaan listrik kamu stabil, lakukanlah pencatatan histori pembayaran listrik setiap bulannya. Pantau tingkat naik turun penggunaan listrik yang telah digunakan. Jika perlu, lakukan pencatatan lebih mendalam pada jam-jam tertentu untuk mengetahui kapan waktu penggunaan listrik terbanyak dan alat apa saja yang paling menyedot listrik. Cara tersebut akan sangat membantu kamu dalam membuat rencana penghematan.

4. Menghemat Penggunaan Alat Elektronik

Menghemat penggunaan alat elektronik merupakan hal krusial agar tidak panik saat membayar tagihan listrik, terutama untuk pengguna listrik prabayar. Kamu harus lebih ketat dalam memilih alat elektronik untuk digunakan pada jam-jam tertentu. Ada beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk menghemat penggunaan alat elektronik, di antaranya,

● Memadamkan penerangan di pagi hingga sore hari

● Mematikan pendingin ruangan saat tidak ada orang

● Mematikan lampu dan televisi saat tidur di malam hari

● Mencabut kabel listrik dari sakelar apabila tidak digunakan

● Memasang AC dengan suhu 25 – 30 derajat celsius

● Menyetrika dan mencuci baju di siang hari

Jika diterapkan dengan rutin, berbagai cara di atas pasti akan membuat tagihan listrik kamu akan lebih terkontrol. Dengan menghemat penggunaan listrik, kamu juga berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan, lho!

5. Menggunakan Alat Elektronik Hemat Energi

Selain membiasakan diri menghemat penggunaan alat elektronik, cara lain yang dapat membantu mengurangi tagihan listrik adalah dengan beralih pada perangkat elektronik hemat energi. Saat ini, sudah banyak sekali alat elektronik yang diproduksi dengan teknologi canggih yang mampu menghemat energi listrik dengan sangat baik.

Beberapa contohnya adalah AC inverter yang dapat mengonversi energi listrik menjadi lebih rendah saat suhu kamar tercapai. Dengan menggunakan AC inverter, kamu tetap bisa memasang AC dalam jangka waktu lama tanpa khawatir berlebihan menggunakan listrik.

Selain AC, saat ini juga sudah ada TV, mesin cuci, kulkas, bahkan kloset hemat energi. Harga belinya mungkin lebih mahal, namun untuk penggunaan jangka panjang, produk-produk tersebut terbukti lebih menghemat pengeluaran listrik kamu.

Itulah 5 tips yang agar tidak panik saat membayar tagihan listrik. Jika dilakukan dengan rutin, bukan tidak mungkin jika tagihan listrik kamu akan lebih terkontrol. Cara tersebut juga tergolong mudah untuk kamu terapkan, bukan? Nantinya, kamu tak perlu cemas lagi saat datang hari pembayaran tagihan listrik.

LEAVE A REPLY