Efek Psikologis di Balik Viralnya Kiki Challenge

0
36

SERIBUU.COM – Mungkin belakangan ini kamu sering mendengar lagu yang diputar berjudul “In My Feelings” yang dinyanyikan oleh Drake, lagu tersebut digunakan sebagai latar belakang suara kiki challenge yang viral di media sosial.

Fenomena kiki challenge ini cukup menjadi perbincangan di mana-mana sebab aksi yang dilakukan ini terbilang cukup berbahaya karena melibatkan seseorang harus menari di samping mobil yang sedang berjalan perlahan. Hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan bagi diri sendiri serta orang lain.

Dikutip dari Times of India, menurut Dr Damanjit Sandhu presiden dari The Indian Association of Mental Health Counsellors remaja yang bertingkah ke anak-anakan adalah kelompok yang paling rentan melakukan hal seperti itu. Alasannya karena pada saat itu sedang terjadi gejolak hormon di dalam tubuh yang membuat mereka cenderung nekat melakukan hal-hal beresiko membahayakan diri sendiri.

“Remaja yang bersifat egosentris menunjukkan dirinya melalui 2 cara yakni dengan membayangkan dirinya sebagai pusat perhatian melalui sosial media dan mereka percaya bahwa sesuatu yang unik serta viral ditunjukkan untuk mereka lakukan,” jelas Dr Damanjit Sandhu.

Selama masa pertumbuhan atau pubertas, para remaja mengalami kelebihan hormon bernama dopamin yang membuat tubuhnya menjadi lebih aktif. Selain itu hormon dopamin juga menstimulasi remaja untuk mencari rasa senang melalui beragam aktivitas.

Salah satu cara untuk mencegah hal ini semakin mengarah negatif adalah dengan pendampingan oleh orangtua serta pendidikan di sekolah. Orangtua harus memberikan perhatian yang cukup agar perkembangan anak dapat diawasi, sedangkan di sekolah pendidikan harus bisa mengakomodasi kreatifitas remaja ke arah yang positif.

LEAVE A REPLY