Raja Ampat Pilihan Tepat Untuk Wisata

0
28

Seribuu.com- Raja Ampat merupakan kepulauan di Provinsi Papua Barat. Untuk mencapainya dari jakarta pertama kita harus terbang ke Sorong, lalu harus menyebrangi laut untuk menuju keĀ  “pintu gerbang” Raja Ampat yakni Kota Wasai. Dari situlah anda bisa menjelajahi Raja Ampat sampai ke Pulau Wahyang di bagian paling utara dari Raja Ampat.

Pasti semua traveler setuju, jika Raja Ampat mauk di daftar tempat wisata paling indah di indonesia.

Berikut beberapa tempat wisata di Raja Ampat yang paling menakjubkan.
1. Kepulauan Wayag

pulau-wayag
Kepulauan Wayag terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Untuk dapat menuju tempat yang sangat menakjubkan ini, anda dapat mengaksesnya dari Sorong menuju Kepulauan Wayag yang memerlukan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Biaya wisata Raja Ampat untuk menyewa kapal ini dipatok tarif Rp. 6.000.000,- Waw, sungguh perjalanan yang menguras kantong! Akan tetapi, uang yang anda keluarkan tidak akan pernah anda sesali karena begitu anda sampai di Pulau Wayag, anda akan melihat pesona keindahan Raja Ampat.
Di sana akan nampak gugusan pulau-pulau kecil, dimana pulau-pulau kecil tersebut merupakan pulau-pulau karang yang ditumbuhi pepohonan. Saat anda datang ke sini dan berjalan-jalan dengan menggunakan kapal, hamparan air laut kebiru-biruan dengan paduan warna hijau dari pulau-pulau kecil akan membuat anda tak bosan-bosannya memandang.
Uniknya, saking jernihnya airnya sehingga anda dapat melihat dengan jelas ikan-ikan hidup bebas berenang di dalam air serta terumbu karang yang tumbuh dengan subur. Keadaan alam kepulauan Wayag masih sangat asri serta keindahan dan kebersihannya sangat terjaga.

2.Perairan Pulau Misool

menjelajahi-pulau-misool-salah-satu-surga-wisata-alam-di-raja-ampat-jayapura-artikel
Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau Misol berbatasan dengan Laut Seram dan perairan lepas yang menjadi jalur lintas hewan besar seperti ikan paus.Anda dapat menikmati keindahan Pulau Misool tanpa harus berbagi dengan banyak orang, karena tempat ini sejatinya tak berpenghuni. Keindahan sepanjang wilayah pulau Misool sungguh tak dapat diragukan lagi. Bagaimana tidak, pada bagian barat dan timur terbentang sederetan pulau batu karang.

3.Stasiun Pencucian Pari Manta

ikan-pari-manta

Tempat wisata Raja Ampat ini memiliki nama yang unik. Bahkan bisa jadi anda menjadi penasaran! Sebenarnya ini hanyalah sebuah istilah dari aktifitas ikan pari manta yang pesolek. Taukah anda kenapa disebut pesolek? Hal ini dikarenakan ikan ini sanggup menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk membersihkan diri. Tidak hanya manusia saja rupanya ya yang bisa menghabiskan waktu lama untuk bersolek. Hehehe..

Uniknya, yang memersihkan diri bukanlah ikan pari sendiri, akan tetapi ada petugasnya berupa ikan-ikan kecil, seperti tim pencuci mobil. Jadi satu pari manta selesai dibersihkan, gerombolan ikan kecil ini akan berpindah tempat untuk membersihkan ikan pari manta lainnya dengan sabar menunggu antrian.

4.Pulau Salawati

keistimewaan-pulau-salawati-dari-daratan-bawah-laut-hingga-sungai-doktor-ujrysfadme

Perairan di sekitar pulau Salawati menjadi saksi dahsyatnya perang dunia ke dua. Di kawasan Raja Ampat, tepatnya perairan Salawati banyak ceceran kapal laut dan pesawat yang tenggelam di perairannya, seperti Shinwa Maru, pesawat P40, mesin-mesin korban PD II, dan masih banyak lagi yang kini terus mendarat di dasar laut ini.

Bangkai ceceran benda-benda tersebut sekarang telah menjadi sebuah tempat wisata yang memberikan pemandangan baru nan indah. Hal ini dikarenakan bangkai kapal dan pesawat tersebut justru menjadi tempat tinggal ikan-ikan dengan berbagai jenis. Ditambah lagi dengan suasana perairan yang jernih dan keindahan lingkungan yang masih sangat asri yang menjadi daya tarik tersendiri di Pulau Salawati.

5.Laguna Bintang Pianemo

raja-ampat-valentino-luis-04

Di sinilah Anda bisa melihat pulau-pulau karang dengan aneka ukuran yang ada dalam satu kawasan luas. Airnya biru jernih dan pemandangannya menakjubkan! Masyarakat di sekitar Pianemo menyebutnya sebagai ‘Wayag Kecil’. Ini karena pemandangannya dari atas bukit karang terjal, mirip gugusan pulau di Wayag yang telah mendunia itu, tapi dalam ukuran yang lebih mini.

6.Puncak Bukit Dafalen

35001712_185820898758429_4291989079777607680_n
Misool di Raja Ampat punya 3 puncak yang cocok untuk melihat panorama dari ketinggian. Salah satunya adalah puncak Dafalen yang menawarkan pemandangan seperti Wayag, yang lebih dulu terkenal.

Dan tentunya masih banyak lagi tempat wisata di Raja Ampat. Selamat berwisata .

LEAVE A REPLY