Kembar Identik Menikahi Kembar Identik, Seberapa Mirip Anaknya?

0
37

SERIBUU.COM – Kembar identik Brittany dan Briana Deane pertama kali bertemu dengan kembar identik Josh dan Jeremy Salyers dalam perayaan Hari Kembar di Ohio, Amerika Serikat, tahun 2017 lalu. Dari situ mereka ternyata saling jatuh cinta hingga akhirnya memutuskan untuk menikah.

Kisah dua pasang kembar identik yang menikah ini ternyata cukup menarik perhatian orang-orang dan menimbulkan berbagai pertanyaan. Satu pertanyaan yang populer adalah kira-kira bagaimana nasib anak mereka kelak saat gen orang tuanya mirip?

“Teorinya kita akan melihat anak mereka secara genetik bisa sangat mirip seperti saudara penuh… Ibaratnya kamu mengambil segenggam penuh kelerang, setengah dari toples ayah dan setengah dari toples ibu” – Profesor Laura Almasy dari University of Pennsylvania

Menjawab pertanyaan tersebut ahli genetik Profesor Laura Almasy dari University of Pennsylvania menjelaskan bahwa anak mereka kelak secara genetik bukan seperti sepupu melainkan kakak-adik. Saudara lahir dari orang tua yang sama bisa memiliki kemiripan genetik sampai 50 persen.

“Teorinya kita akan melihat anak mereka secara genetik bisa sangat mirip seperti saudara penuh… Ibaratnya kamu mengambil segenggam penuh kelereng, setengah dari toples ayah dan setengah dari toples ibu,” kata Laura seperti dikutip dari Live Science.

Pada kasus pasangan kembar Deane-Salyers, anak-anak mereka akan mengambil setengah gen dari dua pasang ‘toples’ yang berbeda namun isinya sama.

Tentu saja karena acak ada kemungkinan juga anak tidak terlalu mirip. Belum lagi faktor mutasi yang bisa terjadi akibat pengaruh lingkungan.

LEAVE A REPLY