Suku Dayak Kenyah Kuping Panjang Kalimantan

0
18

Seribuu.com- Suku Dayak Kenyah Kalimantan adalah suku Dayak yang termasuk rumpun Kenyah-Kayan-Bahau yang berasal dari dataran tinggi Usun Apau, daerah Baram, Sarawak. Dari wilayah tersebut suku Kenyah memasuki Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur melalui sungai Iwan di Sarawak terpecah dua sebagian menuju daerah Apau Kayan yang sebelumnya ditempati suku Kayan dan sebagian yang lainnya menuju daerah Bahau. Pergerakan suku ini menuju ke hilir akhirnya sampai ke daerah Mahakam dan akhirnya sebagian menetap di Kampung Pampang Samarinda Utara, Samarinda. Sebagian lagi bergerak ke hilir menuju Tanjung Palas. Suku Kenyah merupakan 2,4% penduduk Kutai Barat.

Suku Kenyah terbagi menjadi Kenyah Dataran Rendah dan Kenyah Dataran Tinggi /Usun Apau Kenyah. Seni budaya suku Kenyah sangat halus dan menarik, sehingga ragam seni hias banyak dipakai pada bangunan-bangunan di Kalimantan Timur.Bukan Sahaja terdiri daripada seni ukiran tetapi tarian dan juga cara hidup.

Pedalaman Sungai Mahakam di Kalimantan Timur menyimpan banyak potensi alam dan budaya yang sangat unik. Sebut saja tradisi memanjangkan daun telinga, patung-patung kematian Dayak Benuaq, tarian adat, habitat asli Anggrek Hitam, Air Terjun Jantur Inar, Rumah Panjang Dayak Benuaq hingga lanskap alam Sungai Mahakam nya. Siapa saja yang menyukai trip petualangan, pasti pengalaman jalan-jalan di Mahakam Ulu dan Kutai Barat tak akan terlupakan.

LEAVE A REPLY