‘Grandong’ Sosok Mistis Dalam Diri Honda CRF150L

0
82
‘Grandong’ Sosok Mistis dalam Diri Honda CRF150L

SERIBUU.COM – Sudah jadi hal biasa jika penggunaan nama untuk hasil karya sebuah motor custom atau modifikasi mencontek dari istilah yang ke barat-baratan. Namun hal itu berbeda dengan sosok motor modifikasi asal Sidoarjo, Jawa Timur yang mengusung konsep free tracker.

Bagaimana tidak, sang modifikator Pandawa Motorbikes, Hasan Law, justru menamai motor custom dari basis Honda CRF150L dengan sebutan ‘Grandong’.

“Sebenarnya tidak ada inspirasi. Karena dari awal, motor kontes saya dikasih nama yang berbau mistik. Jadi nama-nama mistik ini saya buatkan jadi jati diri saya,” ungkap Hasan

Beberapa nama mistik untuk motor custom yang pernah Hasan buat seperti Kolor Ijo, Sundel Bolong, hingga Gunduruwo. Kata Hasan, nama-nama mistk tersebut hanya ada di Indonesia.

“Karena kita ini di Indonesia. Nama-nama beginikan sudah tidak asing lagi ditelinga kita,” tuturnya. Meski namanya sangat seram, namun jika melihat sosok motornya tak terlalu menyeramkan. Sebaliknya, motor ini juga sangat stylish.

Bahkan warna ungu menjadi lebih feminin, ditambah aksen krom di sejumlah sisi membuat motor ini wajib bersih agar tetap kinclong.

Dari sekian banyak lekukan Honda CRF150L yang dirombak, ternyata kesulitan yang dihadapi Hasan yaitu pada tangki.

Hal ini dikarenakan pada bagian fuel pump injeksi harus dipertahankan agar sesuai standar dari Honda CRF150L. Alhasil tangki motor ini jadi terlihat lebih kekar dan memanjang. Desain jok dibuat custom bergaya single seat. Agar tampak elegan penggunaan balutan warna cokelat dilakukan.

Menariknya dari desain Grandong ini juga tak terlihat adanya pipa knalpot. Ternyata, sistem pembuangan ini dibuat ngumpet karena posisinya ada di balik frame bodi bagian belakang.

Pada intinya, pipa kenalpot dibuat melalu jalur bawah jok hingga ujung bodi motor. Pembuangan lubang knalpot dibuat melalui sisi bagian bodi.

Satu yang harus diterapkan oleh Hasan untuk motornya ini, yaitu motor wajib memenuhi syarat keselamatan, keamanan dan kenyamanan ketika  berkendara. Sebab, modifikasi motor merupakan bagian dari program Honda Dream Bike 2018.

Hasan merupakan modifikator sekaligus pemilik bengkel  Pandawa Motorbikes di jalan Ngingas Selatan Baru no 168, Waru Sidoarjo, Jawa Timur menyatakan, untuk merubah semua motor ini dilakukan hand made namun ada beberapa parts lainnya yang harus dicari.

LEAVE A REPLY