Volvo Vera, Trailer Listrik Tanpa Awak Yang Mampu Menarik Bobot 32 ton

0
29
Volvo Vera, Trailer Listrik Tanpa Awak Yang Mampu Menarik Bobot 32 ton

SERIBUU.COM – Brand truk asal Swedia Volvo Truck termasuk salah satu brand kendaraan komersial yang paling inovatif dalam urusan pengembangan teknologi. Bila banyak produsen komersial masih mengembangkan model truk hybrid bersama Tesla, Volvo Truck selangkah di depan dengan memproduksi truk listrik.

Di tahun ini, Volvo telah menciptakan sebuah truk prototipe untuk logistik perkotaan dengan mesin listrik. Truk ini mendapat nama FL Electric. Model ini rencananya akan diproduksi masal tahun 2019 di Eropa. Volvo menganggap pasar Eropa telah siap dengan model truk listrik yang lebih ramah lingkungan.

Tak butuh waktu lama, setelah Volvo FL Electric mulai menjadi pembicaraan dunia. Diam-diam Volvo sementara mempersiapkan sebuah truk konsep lainnya yang dijuluki Volvo Vera. Kendaraan komersial ini, seperti disebutkan Carscoops.

Rencananya prototipe Volvo Vera akan diperkenalkan dalam sebuah acara khusus di sebuah pelabuhan dan pusat logistik terbesar di Berlin, Jerman. Vera, dikabarkan akan menggunakan powertrain serbalistrik yang terdiri atas tipe driveline dan baterai yang sama yang digunakan oleh Volvo Truck elektrik pertama yang diperkenalkan awal tahun ini.

Vera akan menggendong motor listrik berkapasitas 185 kW, dengan paket baterai lithium-ion antara 100 dan 300 kWh yang mampu menjangkau jarak hingga 186 mil atau 300 km. Menurut konfirmasi otoritas Volvo, Vera akan berbentuk trailer yang mampu menarik box kontainer dengan bobot 32 ton.

Sebagai trailer masa depan dengan teknologi otonom modelnya pun tak biasa. Desain Vera sangat futuristik dan modern. Menariknya, jika box kontainer dilepas, trailer ini terlihat seperti supercar. Orang tak bakal menyangka ia mampu menarik beban super berat pada gandengannya.

Volvo yakin kendaraan seperti Vera akan sangat berguna untuk industri masa depan. Apalagi truk saat ini telah dituntut lebih mengutamakan teknologi zero emission sekaligus efisien dalam oprasionalnya. Karena ke depan, ketergantungan industri pada truk dan transportasi model ini akan sangat tinggi.

LEAVE A REPLY