Mempersiakan Diri Sebelum Mengajukan Perceraian, Menurut Pengacara

0
7

Seribuu.com – Perceraian itu adalah salah satu pengalaman yang paling menyakitkan dan juga stress yang bisa dialami orang yang menjalaninya. Tidak hanya menandakan bahwa suatu pernikahan telah berakhir juga bisa mengakibatkan perubahan drastis dalam keuangan kita. Khawatir akan uang hanya akan memperburuk keadaan, juga menambah beban ke orang yang tadi nya telah stress karena perceraian.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi keuangan dan nilai kredit anda. Kita akan berbicara 5 poin penting dalam menghitung perceraian finansial anda.

1. Ketahui Aset Anda dan Juga Hutang Anda

Menurut Chelsea Long, seorang pengacara dari kantor pengacara Wood & Long di Columbus, Ohio, sangat penting untuk mengetahui apa yang ada dalam neraca keuangan anda.

“Banyak sekali wanita tidak mempunyai ide akan berapa banyaknya uang dalam rekening anda bersama dan juga perputaran dalam aset” tukas Chelsea.

Jika kamu tidak tau aset dan hutang yang anda punya,maka kamu akan berada di posisi yang tidak menguntungkan. Jika anda tau, hal tersebut akan memberikan anda keuntungan dalam proses perceraian.

“Ketika anda akan bercerai, anda harus tahu semua keberadaan uang anda bahkan 1 sen pun,” kata Long.

2. Membuat Anggaran

Sebelum kamu bercerai, kamu harus tahu berapa uang yang dipakai untuk kamu agar dapat hidup stabil dan juga untuk membayar tagihan hidup seperti air listrik dll. Pengadilan akan menggunakan informasi tersebut untuk menentukan siapa yang akan mendapat kan apa dalam menentukan hak waris.

Tinjau kembali kartu kredit anda untuk mengetahui seberapa besar biaya yang anda habiskan. Bila mungkin juga koleksi bon-bon kwitansi seperti biaya pengobatan. Dan juga jangan lupa tentang biaya anak anda.

Baca juga : Tempat Wisata Paling Berbahaya di Dunia, Masih Mau Mampir?

3. Mengajukan Permohonan Kartu Kredit

Ketika anda melayangkan gugatan cerai, sangat penting  untuk dapat mengakses keuangan agar dapat membayar biaya pribadi, tagihan dan juga biaya pengacara.

Jadi jika kamu tidak mempunyai uang maka kartu kredit sangat berguna untuk sementara membayar semua tagihan anda sampai proses perceraian berakhir dan proses pembagian harta telah ditentukan. Ajukanlah kartu kredit dengan menggunakan nama anda.

4. Mencari Pengacara

Banyak wanita tidak menggunakan jasa pengacara karena berpikiran bahwa perceraian itu gampang sehingga pengacara tidak terlalu dibutuhkan padahal pengacara itu membantu untuk mencegah terjadinya masalah yang muncul serta dapat membantu anda untuk mengetahui danmengerti semua opsi anda. Serta dapat membantu dokumen yang anda perlu untuk selesaikan.

“Dalam mencari pengacara sangat penting untuk mendapatkan masukan lebih dari 1 sumber” tukas Libby James, pengacara rumah tangga di Charlotte, Carolina Utara.

5. Menyisihkan Uang

Jika memungkinkan, mulailah menyisihkan uang setiap minggunya.

Mempersiapkan sedikit deposit sebelum mengajukan perceraian sehingga anda tetap berada dalam kondisi finansial yang aman, walaupun itu hanya dalam beberapa ratus ribu rupiah. Pada suatu saat uang tersbut dapat membantu anda dalam menutup biaya tagihan.

LEAVE A REPLY