Menegangkan, 5 Film Thriller Tahun 90an yang Wajib Ditonton Ulang

1
19

Seribuu.com- Thriller merupakan salah satu genre film yang disukai banyak orang, nuansa ketegangan yang ditawarkan dipadukan dengan rasa penasaran yang dibangkitkan, berhasil menjadi satu paket yang membuat adrenalin naik turun sepanjang pertunjukan film bergenre tersebut.

Alur cerita yang tak mudah untuk ditebak menjadi kelebihan lainnya, menonton film thriller memang dituntut untuk fokus, karena kita tak ingin melewatkan hal-hal kecil dalam film yang bisa menjadi kunci dari cerita film itu sendiri.

Twist ending (ending yang tidak terduga) yang identik dengan genre ini menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuat kita ikut berpikir sekaligus menebak akan seperti apa akhir ceritanya.

Era 90an sendiri melahirkan film-film thriller berkualitas yang beberapa diantaranya bahkan mendapatkan nominasi ajang bergengsi Academy Award. Film-film seru tersebut masih sangat layak untuk dinikmati pecinta genre thriller sekarang ini.

Penasaran? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. The Silence Of The Lambs (1991)
Sebuah film thriller legendaris dari tahun 90an, diadaptasi dari novel populer karya Thomas Harris. Film besutan Jonathan Demme ini berhasil memenangkan 5 penghargaan di Academy Award tahun 1992, yaitu untuk kategori Best Picture, Best Actor, Best Actress, Best Director, dan Best Adapted Screenplay.

The Silence Of The Lambs merupakan satu-satunya film bergenre thriller yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi Best Picture di ajang Academy Award.

Film yang dibintangi oleh Anthony Hopkins dan Jodie Foster ini bercerita tentang seorang agen muda FBI Clarice Starling (Jodie Foster) yang ditugaskan untuk menangkap Bufallo Bill seorang pembunuh berantai yang sadis, yang dalam aksinya selalu menguliti korbannya. Untuk membantunya mengungkap kasus ini, Clarice pun berkonsultasi dengan Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins) seorang psikopat jenius, pembunuh yang sadis dan juga kanibal yang berada di penjara, karena diduga sang dokter mengetahui siapa Buffalo Bill sebenarnya. Narasi yang kuat ditambah naskah yang cerdas menjadi kekuatan utama film ini.

Atas penampilan memukaunya di film ini, Anthony Hopkins dan Jodie Foster berhasil mendapatkan piala Oscar untuk kategori Best Actor dan Best Actress.

2. Se7en (1995)
Film yang dibintangi oleh Brad Pitt, Morgan Freeman dan Kevin Spacey ini berkisah tentang dua orang detektif, yang satu muda David Mills (Brad Pitt) dan yang satu lagi senior William R. Somerset (Morgan Freeman) yang ditugaskan untuk mengungkap kasus pembunuhan berantai yang dilakukan secara rapi dengan menggunakan pola tujuh dosa besar.

Keduanya bahu membahu untuk memecahkan teka-teki pembunuhan berantai tersebut dan menangkap sang pembunuh sadis seorang psikopat bernama John Doe (Kevin Spacey).

Sebuah film yang menegangkan dengan alur cerita yang susah ditebak. Twist ending dari film ini memberikan kesan yang tak mudah dilupakan. Salah satu twist ending terbaik sepanjang masa.

3. Scream (1996)
Film ini bercerita tentang sebuah teror yang dialami oleh seorang siswi SMU yang bernama Sidney Prescott (Neve Campbell) yang baru saja kehilangan ibunya. Teror ancaman pembunuhan itu kemudian tak hanya menimpa Sidney tetapi juga teman-temannya. Cerita kemudian menjadi semakin menarik dengan dugaan-dugaan siapa sebenarnya psikopat yang menjadi dalang teror selama ini.

Film Scream begitu terkenal di era 90an dan menuai sukses di pasaran. Film ini merupakan serial pertama dari serial film Scream yang berjumlah empat.

4. The Bone Collector (1999)
Film ini dibintangi oleh Denzel Washington, Angelia Jolie dan Queen Latifah. Bercerita tentang seorang ahli forensik yang lumpuh Lionel Rhyme (Denzel Washington) yang berkerjasama dengan seorang polisi patroli Amelia Donaghy (Angelina Jolie) dalam memecahkan kasus pembunuhan berantai yang dikenal sebagai sang pengolektor tulang, dimana sang pembunuh selalu meninggalkan pesan misterius dan aneh lewat tulang korbannya.

Sebuah film thriller yang akan mengajak penonton untuk ikut bermain teka-teki yang diciptakan si pembunuh untuk mengetahui siapa target berikutnya.

5. The Sixth Sense (1999)
Film thriller bernuansa horor supernatural ini merupakan salah satu karya terbaik dari sutradara M. Night Shyamalan. Film ini mendapatkan 6 nominasi penghargaan Academy Award, termasuk kategori Best Picture dan Best Director.

Dibintangi oleh Bruce Willis dan Haley Joel Osment, film ini bercerita tentang Dr. Malcolm Crowe (Bruce Willis) seorang psikolog anak yang mempunyai pasien anak indigo bernama Cole Sear (Haley Joel Osment). Cole sendiri mempunyai kemampuan untuk melihat orang yang sudah mati, dan kemampuannya tersebut mempengaruhi psikologis Cole. Dr. Malcolm bertugas untuk membantu Cole mengatasi masalah psikologisnya.

Namun yang paling menarik dari film ini adalah twist endingnya yang jenius. Yang membuat penonton terkejut, sama sekali tidak menduga, seolah “dipermainkan” oleh ending filmnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY