Mobil Yang Menggunakan Daya Penggerak Empat Roda

0
67
Mobil Yang Menggunakkan Daya Penggerak Empat Roda

SERIBUU.COM – Penggerak 4 roda (Dalam Bahasa Inggris: four-wheel drive) biasa disingkat 4WD atau 4X4 adalah istilah yang dipakai pada kendaraan yang memiliki sistem tenaga penggerak pada keempat rodanya. Kendaraan dengan kemampuan 4×4 ini bertujuan untuk mendapatkan traksi yang memadai dalam segala medan dan kondisi jalan (off road), misalnya :

  • Untuk digunakan di medan yang berat seperti tanjakan terjal, jalan licin ataupun jalan yang berlumpur, umumnya kendaraan jenis ini bertipe jeep atau SUV.
  • Untuk digunakan pada kendaraan berkecepatan tinggi dengan kondisi permukaan jalan yang tidak sama, umumnya kendaraan jenis ini bertipe sport mewah seperti Audi’s quattro, DaimlerChrysler 4Matic yang digunakan pada produk Mercedes-Benz, BMW dengan xDrive, dan Volkswagen 4motion.
  • Untuk digunakan pada versi produksi dari mobil rally, seperti Audi Quattro, Lancia Delta Integrale, Toyota Celica GT-Four, Subaru Impreza WRX, Mitsubishi Lancer Evolution. Mobil-mobil sport berukuran kompak ini memiliki Full-Time 4WD atau All Wheel Drive yang memberikan traksi lebih pada segala macam permukaan jalan.

BACA JUGA : Ini Hasil Gambar Dj Wanita Cantik Hasil Photoshop Yang Kecewakan Pengunjung

Cara Kerja :

Kendaraan dengan penggerak 4 roda, mesin dihubungkan dengan diferensial tengah (transfer case) yang membagi tenaga ke roda belakang dan roda depan. Karena pada saat menggunakan penggerak 4 roda, penggunaan energi lebih tinggi, biasanya penggerak 4 roda hanya digunakan pada saat dibutuhkan saja, dengan mengaktipkan melalui tombol atau tuas tertentu.

Model dan Jenis :
Berdasarkan model dan jenisnya, dapat dikelompokan sebagai berikut :

  • Part time, pengoperasian 4WD hanya pada saat tertentu sesuai kondisi jalan. Full time, 4WD selalu terpasang dalam segala kondisi jalan.
  • Manual, pengaktifan 4WD dilakukan secara mekanis dengan mengerakan tuas tertentu. Pada beberapa jenis kendaraan bahkan perlu diputar as pada poros rodanya.
  • Otomatis, pengaktifan 4WD dilakukan dengan tombol (semi automatic) atau sensor tertentu (full automatic).
  • Dalam aplikasinya, berbagai kendaraan mengkombinasikan keempat model atau jenis tersebut di atas.

LEAVE A REPLY