Mengenal Pewarna Merah K3, Dipakai di Lipstik Padahal Bisa Bikin Kanker

2
9

SERIBUU.COM – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali menemukan produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. BPOM menemukan bahan pewarna Merah K3 dalam produk lipstik lokal QL Cosmetic.

Bahan Merah K3 bukan pewarna yang aman bagi kesehatan. Bahan tersebut bisa bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), teratogenik (memicu kelainan pada janin), dan iritasi kulit.

Badan Pom menjelaskan bahwa setelah melakukan kontrol pasar, mereka menemukan bahwa QL Cosmetik yang iklannya dibintangi artis Kimberly Ryder itu ada kandungan berbahaya pada lipstiknya. Bahan pewarna yang digunakan tidak semestinya ada di kandungan kosmetik.

BACA JUGA : Vampire Facial ala Kim Kardashian Bisa Tularkan Hepatitis dan HIV

“Kita melakukan post market control dengan cara sampling, sampling diuji di laboratorium. Oh ini ketemu mengandung merah K3, di mana merah K3 itu adalah pewarna tekstil,” jelas Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Mayagustina Andrini, seperti di kutip Seribuu.Com.

K3 adalah bahan pewarna yang mengeluarkan warna merah. Bahan yang biasa digunakan sebagai pewarna tekstil itu sering kali ditambahkan oleh produsen ‘nakal’ ke dalam kosmetik seperti eyeshadow hingga blush on, untuk mendapatkan warna makeup yang lebih bold.

BPOM telah mengungkapkan bahwa bahan Merah K3 tidak memenuhi syarat dalam pembuatan kosmetik, sekecil apapun kadarnya. Bahan tersebut pun biasanya tidak tertulis di kemasan, dibutuhkan cek laboratorium untuk mengetahui adanya kandungan tersebut.

Pada QL Cosmetic, terdiri dari empat lipstik mette yang dilarang. Ini warna-warnanya:

– QL Matte Lipstick 07 (Sunset Orange)
– QL Matte Lipstick 08 (Flaming Red)
– QL Matte Lipstick 09 (Pretty Peach)
– QL Matte Lipstick 10 (Lady Red)

Selaian pewarna merah K3, BPOM telah melansir bahan-bahan lain yang berbahaya namun masih saja ditambahkan oleh produsen kosmetik yang nakal. Bahan-bahan itu adalah Rhodamin B (CI 45170, Basic Violet 10), Jingga K1 (CI 12075, Pigment Orange 5). Ketiga pewarna ini dilarang karena dapat memicu kanker.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY