Tempat Paling Angker di Sulawesi Selatan, Berani Mengunjunginya?

1
13

Seribuu.com – Salah satu provinsi yang banyak menyimpan keindahan alam adalah provinsi Sulawesi Selatan. Tidak mau kalah dengan tempat-tempat wisata pada provinsi lain, Sulawesi Selatan cukup banyak menarik wisatawan dalam maupun luar negeri.

Selain memiliki destinasi alam yang indah, Sulawesi Selatan juga bisa dijadikan tempat untuk siapa saja yang ingin menguji nyali. Pasalnya, beberapa tempat di provinsi ini mempunyai aura mistis yang kental.

Berikut beberapa tempat tersebut.

1. Benteng Fort Rotterdam
Tempat yang memiliki nama lain Benteng Ujung Pandang ini didirikan pada tahun 1545 oleh Sultan Daeng Bonto Karaeng yang merupakan seorang Raja dari Kerajaan Gowa-Tallo ke IX. Benteng yang biasa juga disebut Benteng Penyyua sering kali memberikan kesan horor kepada orang-orang yang berkunjung ke tempat ini.

Beberapa pengunjung mengatakan pernah melihat sosok yang berpakaian seperti tentara Belanda dengan dada berlumuran darah, ada pula kisah seorang wanita bernama Sumiati yang konon katanya tewas gantung diri di sekitar Benteng Fort Rotterdam ini.

Dari kisah Sumiati inilah muncul aturan yang melarang seorang pria berpakaian merah ketika berada di sekitar tempat ini, pasalnya salah satu orang yang memperkosa Sumiati sehingga membuatnya frustasi dan bunuh diri adalah berpakaian merah.

2. Rumah Karunrung
Rumah yang terletak di jalan Karunrung ini sebenarnya adalah rumah kosong yang sudah lama ditinggalkan pemiliknya sejak tahun 2003 silam setelah terjadinya kasus pembunuhan.

Karena sudah terlalu lama kosong dan orang-orang yang melewati rumah ini sering mengalami kejadian-kejadian aneh, oleh warga sekitar rumah ini disebut-sebut sebagai rumah angker.

Warga sering kali mencium bau anyir yang berasal dari sumur. Sumur tersebut menjadi tempat ditemukannya mayat-mayat keluarga yang menjadi korban pembunuhan. Sosok perempuan menyerupai kuntilanak dan anak-anak kecil yang bermain di halaman rumah itu kerap kali dilihat oleh warga sekitar.

3. Gedung RRI Makassar
Sampai saat ini Gedung RRI Makassar masih aktif digunakan. Gedung ini didirikan oleh tentara Jepang ketika pertama kali mengambil alih kota Makassar.

Menurut warga dan para pekerja di tempat ini sering kali melihat penampakan yang konon katanya sebagai penghuni gedung RRI Makassar. Sosok itu ialah seorang kakek dan anak-anak yang suaranya sering terdengar dari salah satu ruangan.

Kisah lainnya datang dari seorang pekerja di sana. Ketika hendak memfotocopy berkas, yang keluar bukanlah hasil copy-an melainkan gambar tengkorak. Ngeri yah?

4. Makam Lapangan Karebosi Makassar
Keangkeran tempat ini sudah menjadi hal biasa. Makam yang terletak di sekitar lapangan itu berjumlah 7. Makam-makam inilah yang mengeluarkan sisi mistis entah itu dirasakan oleh warga setempat atau pendatang yang hanya ingin melihat kegiatan latihan PSM Makassar di lapangan tersebut.

Abdul Haris yang merupakan seorang manajer lapangan pernah melihat kuda berjalan di lapangan, penunggunya sempat berputar-putar mengelilingi lapangan dan kemudian menghilang. Haris mengatakan kejadian aneh lainnya ketika pekerja yang tidur di bangku pemain tiba-tiba sudah berpindah tempat saat terbangun.

BACA JUGAUsai Dihadiahi Rumah Rp911 Miliar, Anak Konglomerat Terkaya India ini Hadirkan Beyonce di Pernikahan

5. Kuburan Cina Antang
Yang namanya kuburan tidak akan pernah lepas dari kata angker. Termasuk pula kuburan yang terletak di Antang kota Makassar ini.

Orang-orang yang melewati tempat ini sering kali melihat penampakan-penampakan makhluk gaib seperti sosok anak kecil memegang sapu. Penerangan yang minim dan sunyinya tempat ini ketika malam tiba semakin membuat Kuburan Cina Antang nampak menakutkan.

6. Monumen Westerling Makassar
Tempat ini dibangun untuk mengenang para korban yang dibantai oleh Kapten Raymond Paul Piere Westerling bersama pasukannya pada tahun 1947. Sebanyak 40.000 jiwa meninggal di tempat ini, korban-korban kekejaman Kapten Raymond Paul berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Itulah sebabnya setiap tanggal 11 Desember masyarakat Sulsel dan Sulbar menaikkan bendera merah putih setengah tiang untuk memperingati persitiwa tersebut.

Menurut kisah yang tersebar di masyarakat, sering kali tercium bau bangkai dan darah segar ketika berada di sekitar tempat ini. Suster ngesot juga kerap kali menampakkan wujudnya. Warga berpendapat korban-korban pembunuhan itu belum bisa menerima kematian mereka.

7. Rumah Sakit Umum Labuang Baji
Selain kuburan, rumah sakit juga sangat lekat dengan kata horor. Tidak terkecuali rumah sakit yang sudah berdiri sejak tahun 1938 ini.

Makhluk gaib yang sering menampakkan dirinya di rumah sakit ini yaitu sosok pocong, mitos yang beredar sosok pocong ini adalah arwah seorang gadis yang meninggal secara tidak wajar di rumah sakit tersebut.

Kamar yang terkenal angker di rumah sakit ini yaitu kamar 2 VIP A UGD RS Labuang Baji yang merupakan kamar di mana gadis tersebut meninggal.

Serem kan? Buat kamu yang suka berkunjung ke tempat-tempat horor wajib mencoba 7 tempat di atas!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY