Memang Seberapa Penting Kah, Merotasi Ban Mobil?

0
66
Memang Seberapa Penting Kah, Merotasi Ban Mobil?

SERIBUU.COM – Merotasi ban mobil? Ya istilah tersebut mungkin jarang yang tahu dan manfaatnya, dengan merotasi ban ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh pemilik mobil. Menurut Perusaan Suzuki Indonesia Rotasi ban menjadi salah satu hal yang sebaiknya dilakukan selain agar mobil melaju dengan optimal.

BACA JUGA : Start Terbaik Liverpool Sepanjang Masa, Tapi…

Merotasi ban mobil bisa meratakan tingkat keausan, sehingga titik aus tidak cuma terdapat pada satu bagian saja, misalnya belakang atau depan. Tetapi, umumnya bagian ban depan mobil memang akan lebih cepat aus kalau dibandingkan ban belakang. Hal ini karena ban depan sering dipakai untuk melakukan pengereman dan mendapatkan lebih banyak gesekan ketika berbelok.

Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk merotasi ban mobil?

BACA JUGA : Xpander Menjadi Pilihan Angkutan Pramugari Garuda Indonesia

Tak ada patokan waktunya, hanya saja setelah berjalan 10.000 kilometer dianjurkan  merotasi rotasi ban mobil. Sebab pada jarak tersebut, tingkat keausan akan mulai terlihat. Untuk metode rotasi, tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada perhitungan dan tata caranya.

Ambil contoh, ketika akan memindah ban depan ke belakang, jangan searah, biasanya akan dilakukan penyilangan. Rotasi ban dilakukan menyilang, misalnya ban belakang kiri pindah ke depan menjadi sebelah kanan, begitu juga sebaliknya. Namun biasanya akan dicek dulu tingkat kerataan ban, karena selain untuk menyelaraskan rotasi juga dilakukan untuk menjaga kondisi dinding ban di kedua sisinya.

LEAVE A REPLY