Fakta Tentang Anjing Pit Bull yang Agresif, Ketahui Sebelum Memeliharanya

1
72

Seribuu.com – Sebagian besar masyarakat di dunia sudah tidak asing lagi dengan jenis anjing pit bull. Ya, anjing jenis besar ini memang terkenal dengan karakternya yang sangat tempramen. Anjing ini sering dipelihara oleh masyarakat untuk berburu maupun dilatih menjadi seekor anjing penjaga.

Perawakannya yang sangar serta postur tubuhnya yang kekar membuat anjing ini sangat disegani. Tak aneh jika anjing pit bull identik dengan simbol para gangster di luar negeri. Meski demikian, amankah seseorang memelihara anjing pitbull di rumah?

BACA JUGA : Chanyeol EXO Ikut Euforia Nyanyikan Sayur Kol

Melansir dari American Pitbull Foundation, Senin (17/12/2018), Okezone akan mencoba membahas tentang karakter anjing buas yang satu ini. Menurut hasil tes yang dilakukan oleh American Temprament Test Society, pit bull memiliki tingkat temperamen sebesar 82 persen atau lebih tinggi dibandingkan kebanyakan anjing lainnya yang hanya mencapai 77 persen.

1. Pit bull agresif terhadap manusia

Tes tersebut diuji dengan menempatkan anjing melalui serangkaian situasi tak terduga yang melibatkan orang asing. Tanda-tanda agresi atau panik yang tidak beralasan menjadi kendala utama pit bull. Penelitian mengatakan bahwa anjing jenis ini secara inheren agresif terhadap manusia.

2. Pit bull akan menyerang apapun yang ada di hadapannya

Beberapa anjing memang terlihat agresif saat berhadapan dengan hewan lain dan ramah terhadap manusia. Namun pit bull berbeda dengan anjing lainnya, ia akan selalu agresif terhadap sesama hewan, manusia dan segalanya. Sejak bertahun-tahun mereka tidak tunduk kepada manusia bahkan kepada anak-anak sekalipun.

3. Pit bull bisa hidup berdampingan dengan hewan lain

Pit bull secara dasar hidup dengan naluri seperti hewan besar. Sosialisasi awal dan berkelanjutran dapat membantu pit bull menjadi lebih ramah terhadap hewan. Seekor pit bull akan melawan anjing lain jika mereka tanpa pengawasan. Mereka memiliki potensi untuk melukai atau membunuh seekor anjing dalam sebuah pertarungan.

4. Pit bull anjing petarung yang gigih

Pit bull dibesarkan untuk tidak menyerah dan menahan rasa sakit hingga tujuannya tercapai. Memang mental ini tidak dimiliki semua pit bull. Tapi ada baiknya memahami hal ini untuk menghindari hal buruk yang terjadi.

5. Pit bull memiliki kematangan yang terlambat dan bisa berubah agresif dengan cepat

Saat baru lahir pit bull bisa menjadi anjing yang ramah, namun jika sudah berusia tujuh bulan ke atas mereka akan menunjukkan tanda intoleransi. Beberapa orang sengaja memandulkan dan mengebiri pit bull untuk membantu mencegah dorongan genetik untuk melawan anjing lain.

6. Pit bull tak mengenal sahabat

Pit bull bisa hidup berdampingan dengan hewan lainnya dengan pengawasan yang ketat. Jika tidak pit bull bisa bertarung dengan ‘sahabat terbaiknya’ dan berakhir dengan hasil yang tragis. Meskipun telah bersama-sama sekian tahun, mereka tidak segan untuk membunuh hewan tersebut dalam sebuah pertarungan serius.

7. Pit bull termasuk dalam salah satu anjing dengan gigitan terkuat di dunia

Pit bull memang terkenal karena keberingasannya dalam menggigit. Ia akan mengoyak menghancurkan apapun yang dianggap mengancam. Konon pit bull memiliki kekuatan gigitan hingga 1.600 P.S.I dengan beberapa gigi tajamnya.

8. Pit bull tak melepas mangsa yang digigitnya dengan mudah

Beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai struktur tengkorak, mandibula dan gigi pit bull yang menunjukkan bahwa, sebanding dengan ukurannya, struktur rahang mereka morfologi fungsionalnya tidak berbeda dengan jenis anjing lain.

Sama sekali tidak ada bukti keberadaan “mekanisme penguncian” apa pun yang unik untuk struktur rahang atau gigi Pit Bull. Namun, pada beberapa kasus mereka tidak akan melepaskan mangsa dari gigitannya dengan mudah.

9. Pit bull wajib diajak berolahraga

Banyak pemilik pitbull memanfaatkan treadmill untuk melatih anjing mereka. Mereka menggunakan treadmill untuk menunjukkan kekuatan pitbull mereka dalam melakukan aktivitas olahraga seperti menarik berat badan dan kelincahan untuk membantu menjaga kesehatannya agar tetap bugar.

Karena Pit Bulls adalah hewan atletik, secara bertanggung jawab menggunakan treadmill dapat membantu mereka menjadi lebih sehat dan bahagia.

Dari sembilan fakta tentang pit bull ini maka bisa disimpulkan anjing ini merupakan hewan yang buas dan bisa berbahaya jika tidak dilatih dengan baik. Hewan ini sebenarnya aman, apabila Anda bisa melatihnya dan mendidiknya dengan baik. Namun, bagi para pemula sebaiknya jangan memelihara anjing jenis ini, karena membutuhkan perhatian dan kemampuan khusus untuk merawatnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY