Pemerintahan AS Tutup, Gimana Tuh ???

2
17

Seribuu.com – Pemerintahan Amerika Serikat (AS) shutdown atau tutup untuk sementara. Pemerintah AS terpaksa tutup dikarenakan parlemen tidak sepakat soal anggaran yang diminta Presiden AS Donald Trump.

Trump ngotot minta anggaran sebesar US$ 5 miliar untuk membangun tembok perbatasan dengan Meksiko. Namun sampai sekarang belum ada kesepakatan soal anggaran tersebut dengan parlemen.

Mengutip dari CNN rencana anggaran yang diajukan Trump untuk pembangunan tembok tak diloloskan dalam voting yang dilakukan di parlemen.

BACA JUGA : Kecanduan Belanja Online Bisa Merusak Kinerja Otak, seperti Ini Gejalanya

Trump sudah menyampaikan isu soal perbatasan ini sejak 2016, dan sudah minta anggaran untuk mendanai keinginannya itu. Partai Trump sendiri, Grand Old Party atau Partai Demokrat memberi izin pada pengajuan anggaran US$ 5 miliar, tapi ternyata buntu di parlemen.

Parlemen membutuhkan 60 suara untuk mencapai kesepakatan, tapi hasil pemungutan suara hanya mencapia 51-49. Artinya, mereka butuh 9 suara Partai Demokrat untuk meloloskan usulan itu. Sejauh ini, Demokrat masih menolak untuk memberikan anggaran tersebut.

Dampak dari penutupan sementara ini cukup luas. Setidaknya ada 9 kementerian tutup, di antaranya pertanian, perdagangan, keadilan, keamanan, dalam negeri, negara bagian, transportasi, keuangan dan perumahan dan pengembangan kota, juga beberapa institusi dan lembaga lain.

Karena penutupan pemerintahan sementara dimulai sejak akhir pekan lalu dan Senin dan Selasa adalah hari libur federal, kebanyakan pekerja pemerintahan tidak merasakan dampak dari penutupan. Tapi, setelah itu pada pekan ini, 800.000 orang pegawai pemerintahan yang tidak begitu esensial akan dirumahkan atau dipaksa bekerja tapi tak digaji sampai ada kesepakatan antara pemerintah dan parlemen.

AS pernah mengalami hal serupa 5 tahun lalu. Yakni saat masa kepemimpinan Presiden Barack Obama. Kala itu, pemerintah AS ‘libur’ selama 16 hari, dan ada 850 ribu pekerja yang cuti selama penutupan pemerintahan itu.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY