Langkah Mewujudkan Tabungan Lebih Banyak di Tahun 2019

0
12

Seribuu.com – 2019 adalah waktu yang tepat untuk membuat kebiasaan baru karena kita lagi terinspirasi dan semangat banget dengan the idea of starting everything fresh. Dan kalau banyak dari kita terbiasa membuat resolusi yang terkait dengan fisik (lebih kurus, lebih berisi), nggak ada salahnya juga membuat perubahan pola finansial yang bakal kamu nikmati di akhir tahun ini–karena akui saja deh, the idea of having extra cash buat belanja akhir tahun saja sudah cukup membuat kita ingin mewujudkannya.

Nah kalau kamu membutuhkan money saving idea yang akan memberikan kamu tabungan yang lebih banyak, ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Nah biar tantangannya sukses, kamu harus berfikir kalau ini adalah cara membayar diri kamu sendiri daripada sebuah tugas berat, jadi terserah kamu mau menentukan langkah apa, tergantung budget kamu. Kamu nggak boleh stress soal berapa jumlah yang bisa kamu taruh di tabungan.

BACA JUGA : Perempuan Korban Prostitusi Online Rentan Menjadi Korban Femicide

1. Tantangan Mini Money 365 Hari

Coba deh sisihkan berapa uang yang kamu tahu bisa sisihkan setiap harinya.Make sure it’s small–seperti 5 atau 10 ribu rupiah saja, dan lakukan secara rutin. Supaya kamu nggak lupa, bikin itu kebiasaan harian kamu, atau taruh dalam toples di depan pintu. Soon, akan otomatis buat kamu mendeposit uang kecil itu. Pada akhir tahun, kalau kamu memutuskan buat nabung 5 ribu sehari, kamu akan punya uang 1,825 juta lho. Kalau kamu memutuskan buat nabung 10 ribu sehari, kamu punya 3,650 juta rupiah. Mungkin nggak banyak, tapi setidaknya kamu sudah menciptakan kebiasaan menabung. Kamu bisa meningkatkan jumlahnya kalau kamu sudah nyaman dengan kebiasaan ini.

2. Tantangan Save-Your-Coin

Kamu bisa menyisihkan uang setiap hari, tapi kali ini, nggak ada jumlah tertentu. Setiap kali kamu dapat koin, kamu taruh di tabungan. Kamu bisa membaginya, jadi kamu masih punya koin buat membayar parkir dan lainnya, but other than that, all coins go to savings. Kamu bakal kaget dengan berapa banyak yang kamu simpan di setiap tahunnya.

3. Tantangan Menabung 52 Hari Terbalik
Kali ini mengharuskan kamu menargetkan jumlah tertentu buat memulai, yang mana kamu akan nyaman meraihnya setiap minggu. Misalnya, kamu memutuskan untuk memulai dengan jumlah 10 ribu. Itu yang kamu tabung di minggu pertama. Buat minggu kedua, kamu tambahkan 10 ribu lagi supaya dapat 20 ribu, yang mana akan menjadi jumlah target kamu yang baru, jadi di minggu ke tiga, kamu menargetkan 40 ribu rupiah.

Ini sebenarnya tantangan yang agak sulit, karena kalau kamu memulai dengan jumlah 10 ribu, kamu butuh menaruh 520 ribu di minggu terakhir supaya mendapatkan total 1,378 juta rupiah.

Tantangan ini akan membuat kamu menabung 520 ribu rupiah di awal tahun (apalagi kalau kamu dapat THR dan bonus sejenisnya), membuat kamu bisa lebih mudah hanya menabung 10 ribu rupiah di bulan desember mendatang. Kamu masih mendapatkan 1,378 juta itu, tapi ini lebih mudah dengan cara yang seperti ini, ya kan?

4. Tantangan 30 Hari Tanpa Kartu Debit/Kredit

Setiap kamu butuh belanja, belilah dalam bentuk uang tunai di dompetmu. Ini artinya kamu nggak bisa swipe kartu kredit atau debit. Keuntungan dari ini adalah kamu bisa memotong pengeluaran yang nggak perlu, dan juga kamu nggak perlu stress dengan tagihan bank karena selain dari servis lain yang sudah kamu subscribe, kamu nggak punya banyak tagihan buat dibayar.

5. Tantangan No Shopping

Kamu mungkin sudah membcaca artikel oleh orang yang bisa nggak belanja barang nggak penting dalam setahun– jadi kamu melakukan segala sesuatunya dengan semua yang sudah kamu punya. Tentu saja kamu masih belanjagroceries dan bayar tagihan, tapi buat bagian penting lainnya, kamu pakai saja apa yang sudah kamu punya (lagian sneakers putih kamu kan masih banyak?)

Kalau ini terasa terlalu sulit, cobain sebulan dulu deh. Terus baru naik dua bulan. Sebelum kamu menyadarinya, kamu bisa menjalani setengah tahun tanpa membeli apapun yang nggak penting. Termasuk segelas kopi mahal itu. Jadi kenapa nggak ngepush diri kamu buat satu tahun dan lihat seberapa banyak uang yang bisa kamu tabung buat hal-hal yang lebih penting?

6. Tantangan Investasi Asuransi

Tantangan ini bukan cuma mendorong kamu buat menabung, tapi juga memberikan ketenangan pikiran. Paket investasi-asuransi membuat kamu bisa punya jaring pelindung finansial seandainya ada hal yang tidak diinginkan terjadi (knock on wood), dan juga kamu masih bisa punya uang tunai yang bisa dipakai di waktu mendesak. Ini akan menyimpan lebih banyak daripada akun simpanan pribadi kamu juga. Ada pilihan per bulan, setengah bulan, tahunan dan bahkan skema sekali bayar. Jadi pergilah ke institusi yang terpercaya tentang mana produk yang cocok dengan budget dan gaya hidupmu

LEAVE A REPLY