Canggihnya Sukhoi SU-35 Jet Tempur Baru Indonesia

0
21

Seribuu – Resmi sudah. Indonesia , melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) sudah meneken kontrak pengadaan 11 pesawat Sukhoi SU-35 dari Russia. Pesawat-pesawat Sukhoi SU-35 yang direncanakan tiba di di tanah air mulai Oktober 2018 ini  sudah memiliki persenjataan lengkap. Sukhoi SU-35 rencananya diperuntukkan sebagai pengganti pesawat tempur F-5 Tiger TNI AU.

Dikembangkan untuk menandingi F-15 Eagle (produksi McDonnell Douglas, AS) dan F-16 Fighting Falcon (produksi General Dynamics, AS) , pesawat ini dimasukkan dalam dalam generasi 4++.  Jet tempur Su-35 ini dianggap sebagai lawan setanding  jet tempur generasi kelima buatan Lockheed Martin (AS), F-22 Raptor.

Oleh Angkatan Udara Rusia, Su-35 dijadikan sebagai tulang punggung hingga nanti pesawat tempur siluman (stealth) generasi berikutnya, yaitu PAK-FA, resmi dioperasikan.

Jet ini tidak memiliki peralatan navigasi tradisional yang dilengkapi panah penunjuk. Sebagai gantinya, ada dua penampil kristal cair (liquid crystal display atau LCD) guna memberikan semua informasi yang pilot butuhkan dalam format picture in picture.

Selain itu, aktuator hidrodinamik dari sistem tenaga Su-35 diganti dengan yang bertenaga listrik, yang  tidak hanya mengurangi luas dan berat, tapi juga membantu memperkenalkan sistem panduan jarak jauh paralel dari mesin.

BACA JUGA : Nissan Memamerkan Gaya Terbaru Juke Berbentuk Tank Tempur

Jet tempur ini dapat melakukan sendiri sebagian manuver rumit, seperti terbang di ketinggian rendah,” kata Vadim Kozyulin, seorang profesor di Akademi Ilmu Militer Moskow, Rusia.

Selain itu, jet tempur tersebut memiliki sistem radar canggih dengan Irbis, antena phased array (gelombang radio yang dapat diarahkan secara elektronik tanpa menggerakkan antena) yang memiliki kemampuan unik dalam mendeteksi target di jarak yang sangat jauh.

“Dalam aspek ini, Irbis mengungguli radar buatan AS dan Eropa,” begitu ulasan di sukhoi.org.

LEAVE A REPLY