Tempat Wisata Pulau Seribu Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

1
22

Seribuu – Kepulauan Seribu adalah salah satu wilayah wisata alam yang populer di Ibukota Republik Indonesia, Jakarta. Letak Kepulauan Seribu yang tidak jauh dari Jakarta membuat destinasi ini kerap menjadi incaran pelarian sejenak di akhir pekan bagi warga Jakarta dan wilayah lainnya. Kepulauan Seribu adalah kawasan gugus pulau yang letaknya ada di Teluk Jakarta. Wilahnya sendiri berupa kabupaten administratif dari bagian Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Pulau Seribu berbeda dengan pesisir pantai utara di wilayah seikitar Jakarta yang terkenal kumuh, kotor dan kurang terawat. Pulau Seribu ini justru sebaliknya, sangat teratur, bersih, air lautnya jernih dan pemandangannya sangat cantik. Bahkan, Kepulauan Seribu mendapat julukan Maldiven van Java yang merujuk pada keelokan pulau-pulau tropis yang berjejer layaknya di Maladewa. Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang sebagian besar tak berpenghuni.

BACA JUGA : Jalan-jalan ke ‘Hogwarts’, Siapa Mau?

Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang tersebar dan uniknya hampir sebagian besar pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni. Meski banyak yang tidak berpenghuni, namun hal itu tidak menghalangi wisatawan untuk menyambangi dan menikmati keelokan sajian pulau-pulau yang ada. Berikut adalah beberapa wisata pulau seribu yang wajib disinggahi traveler kala berkunjung ke Kepulauan Seribu:

  1. Pulau Semak Daun


Bila Anda suka dan sangat mengagumi keindahan alam bawah laut dan ingin semaksimal mungkin mengeksplorasinya tanpa harus pergi jauh-jauh dari Jakarta, maka datang ke Pulau Semak Duri adalah pilihan yang wajib diambil. Pulau ini adalah surga andalan Kepulauan Seribu untuk menikmati keindahan wisata bawah laut sekaligus menawarkan suasana keheningan yang syahdu di sekitarnya.

Pulau Semak Daun juga menjadi favorit wisatawan yang ingin menikmati indahnya bentangan pasir putih di bibir pantai. Pulau kecil tak berpenghuni ini sangat cocok sebagai tempat kabur sejenak bagi warga Jakarta yang penat dari rutinitas kehidupan pekerjaan yang padat dan menekan. Disini, wisatawan bisa mendirikan tenda untuk bermalam di tepi pantai diiringi suasana hening dan deburan ombak yang menenangkan hati.

Pulau ini tidak memiliki penginapan atau sarana fasilitas wisata lainnya, namun justru disinilah letak keunikan yang banyak diburu wisatawan. Pada pagi atau sore hari, wisatawan bisa menikmati indahnya alam bawah laut yang jernih dan bersih dengan menyelam atau snorkeling. Jangan lupa membawa peralatan sendiri karena pulau ini benar-benar pulau sunyi dan tenang yang tidak menyediakan fasilitas apapun bagi wisatawan.

2. Pulau Bira


Pulau Bira juga salah satu pulau di gugus Kepulauan Seribu yang belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga suasanya masih alami dan sangat terjaga. Untuk bisa datang ke pulau ini, wisatawan memang harus berjuang menempuh perjalanan yang agak panjang.

Dari Dermaga Muara Angke, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan kapal motor selama 3 jam menuju sebuah pulau untuk transit bernama Pulau Pramuka. Setelahnya, wisatawan naik kapal motor lagi yang langsung menuju ke Pulau Bira. Perjalanan panjang yang ditempuh dijamin tak kan membuat menyesal. Semuanya sebanding dengan keelokan alam yang ditawarkan Pulau Bira.

Di Pulau Bira, wisatawan bisa melihat secara langsung keindahan alam bawah laut dengan cara snorkeling dan diving. Bahkan hanya dengan duduk di tepian dermaganya pun, wisatawan sudah bisa menikmati indahnya koral dan terumbu karang karena air lautnya yang jernih dan bersih. Duduk berlama-lama di tepian dermaga sambil menikmati syahdunya matahari terbenam ditingkahi angina sepoi-sepoi khas pantai juga menjadi aktivitas yang sangat menarik. Bila ingin bermalam di Pulau Bira, ada beberapa rumah kayu dan cottage yang didesain dengan gaya vintage yang bisa disewa untuk menginap.

Itulah beberapa tempat-tempat wisata pulau seribu yang harus anda kunjungi ketika berlibur di Kepulauan Seribu. Dengan mengunjungi beberapa tempat yang mempesona dan menyaksikan keindahan pantai, laut serta keindahan alam yang lain dan melakukan banyak wisata air yang bisa dipilih, tidak hanya jiwa dan pikiran kita saja yang kembali segar dan bahagia, namun pengetahuan akan pentingnya menjaga kelestarian dan keasrian alam akan semakin terasah. Selamat berlibur.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY