Daun ‘Ajaib’ yang Berjasa Bikin Olahan Makin Sedap

1
11

Seribuu.com – Dalam bidang masak memasak bumbu memegang peranan penting sebagai faktor utama pemberi rasa pada masakan. Garam, gula, lada, pala, berbagai jenis bawang dan aneka lengkuas tetapi tidak hanya itu, tapi terkadang kita membutuhkan bahan tambahan lain agar aroma dan rasa pada makanan atau minuman menjadi lebih kuat.

Berikut adalah daun-daunan yang memiliki peran menjadikan makanan dan minumanmu wangi dan sedap. Apa saja?

1. Daun bawang

Daun bawang memang primadona di dalam dunia masak-memasak. Sebut saja sup, soto, bakso, taburan bubur ayam, aneka tumisan dan sayur berkuah lainnya banyak menggunakan daun bawang. Begitu juga dengan aneka gorengan, tidak luput dari pengggunaan daun bawang. Daun bawang membuat rasa masakan menjadi lebih harum dan sedap.

2. Daun seledri

Daun seledri sepertinya adalah pasangan daun bawang, hampir semua warung atau pasar tradisional mereka dijual satu paket sebagai ‘daun bawang-seledri’. Fungsi daun ini sama seperti daun bawang, membuat masakan lebih sedap dan harum. Coba deh buat sup, soto atau rougut sayur untuk isian risoles tanpa daun bawang dan seledri, pasti rasanya kurang mantap dan harum.

3. Daun ketumbar

Daun ketumbar dikenal juga sebagai coriander atau cilantro, daun ini banyak kita jumpai pada menu masakan Thailand dan Vietnam. Bentuknya menyerupai daun seledri tetapi ini memiliki rasa lebih kuat dengan bau yang lebih tajam. Itulah sebabnya beberapa orang tidak suka daun ketumbar meski sebagian lainnya senang menambahkan daun ketumbar ke dalam masakannya, kalau kamu suka daun ketumbar?

BACA JUGA : Tidak Cuma Pink, Warna Cat Dinding Ini Juga Cocok untuk Kamar Anak Perempuan

4. Daun salam

Daun salam, nama yang cukup unik seunik rasa dan wangi yang dihasilkan dari daun ini, meskipun dalam keadaan kering daun salam masih dapat dipakai dan tetap harum lho. Daun salam biasanya digunakan dalam olahan sayur asam, pepes, aneka tumisan dan juga dapat digunakan sebagai bahan minuman hangat seperti teh daun salam, wedang jahe daun salam atau wedang uwuh.

5. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki araoma khas yang harum sekaligus menyegarkan. Masakan dengan campuran daun kemangi akan menghasilkan rasa sedap, harum dan segar. Cobain deh buat sayur bening ditambah kemangi, makin sedap! Selain dicampurkan ke dalam masakan daun kemangi juga sering dijadikan sayur lalapan pada menu sambal. Segar!

6. Daun jeruk purut

Daun jeruk berjasa membuat masakan terasa segar dan tidak amis. Daun ini sering kita jumpai dalam kuah soto, rawon, gulai, pindang ikan dan masakan lainnya. Daun jeruk yang digunakan dalam masakan adalah daun jeruk purut, bukan jeruk nipis atau jeruk lemon ya. Jangan sampai salah nih.

7. Daun kunyit

Daun kunyit biasanya dimasukkan sebagai penambah rasa pada masakan rendang, kalio, gulai, ayam dan ikan bakar. Dengan tambahan daun kunyit dijamin masakanmu gak amis, jadi wangi dan tambah sedap. Cobain deh!

8. Daun kencur

Daun kencur memiliki cita rasa segar, tajam dan wangi. Biasanya ditambahkan pada olahan tumis, urap atau campuran sayur bening. Daun kencur memiliki rasa mirip dengan umbi kencur.

9. Daun kari

Daun kari atau curry leaves adalah daun rempah yang sering digunakan dalam masakan India atau Sri Lanka. Rasanya mirip dengan daun jeruk tetapi berbeda, cocok untuk ditambahkan pada masakan kari, ayam bumbu atau olahan salted egg agar rasa lebih ringan dan segar. Daun kari terasa kuat apabila digunakan dalam bentuk segar.

10. Daun pandan

Jika di Jepang warna hijau pada makanan dan minuman identik dengan matcha, maka di Indonesia warna hijau identik dengan daun pandan. Pandan memiliki aroma kuat dan warna hijau yang cantik, biasanya dicampurkan pada olahan kue, dessert atau minuman sebagai pewarna dan pewangi alami pada makanan dan minuman.

Itu tadi beberapa daun yang sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam memasak supaya masakan jadi makin sedap.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY