Hindari Utang Kartu Kredit Untuk 4 Pengeluaran Ini!

1
8

Seribuu.com – Mempunyai kartu kredit sepertinya memudahkan segala hal, Belum ada uanganya, belum gajian… gesek saja dulu! Hati-hati, kebiasaan ini bisa berbalik merepotkan dan merugikan Anda sendiri. Ini beberapa pengeluaran besar yang sebaiknya tidak diwujudkan dengan utang, tetapi baiknya Anda biasakan menabung sebelumnya, apa saja?

1. Membeli barang branded


Tas/baju/jam tangan keluaran desainer atau smartphone super canggih keluaran terbaru memang dirasa ‘penting’ buat sebagian orang. Namun, bila Anda sebetulnya tidak mampu membelinya secara tunai, jangan lantas berutang dan mengandalkan cicilan kartu kredit, apalagi bila Anda masih punya utang kartu kredit yang belum selesai, dan tahu betul bahwa Anda tidak bisa membayar lunas saat tagihan bulanan tiba.

2. Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan hanya berlangsung beberapa jam saja, paling lama pun, mungkin satu hari penuh. Kehidupan pernikahan Anda justru dimulai setelahnya. Jangan sampai Anda memulai rumah tangga dengan utang kartu kredit, utang kepada orangtua/kerabat, atau utang-utang lain kepada bank atau jasa keuangan lain, hanya untuk penyelenggaran pesta. Bisa-bisa, Anda terlilit utang hingga beberapa tahun ke depan. Ih… amit-amit! Bila punya rencana menikah, baiknya mulai buka tabungan bersama pasangan untuk mencapai target tertentu. Kemudian pastikan pengeluaran Anda tidak membengkak dan melampaui kemampuan Anda dan pasangan.

BACA JUGA : Kita Tidak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri, Kenapa ya ???

3. Traveling


Jalan-jalan, asyik ya! Iya tentu, apalagi kalau pulang jalan-jalan dan bisa bebas utang. Memakai kartu kredit untuk memesan tiket promo, tidak masalah. Membayar belanjaan pakai kartu kredit saat traveling juga, nggak dosa, kok. Asal Anda yakin bisa membayar saat tagihan datang. Jangan sampai jadi terlilit utang kartu kredit selama berbulan-bulan sebelum hingga beberapa bulan sesudah liburan Anda selesai.

Maka untuk Anda yang suka jalan-jalan, sisihkan sebagian uang setiap gajian untuk tabungan terpisah yang memang ditujukan untuk dana jalan-jalan. Rencanakan jauh-jauh hari agar Anda punya waktu menabung, mencicil pembelian tiket/akomodasi, dan agar jangan sampai terlilit utang karena memaksakan diri untuk traveling, meski tidak punya uang.

4. Makan enak


Café dan restoran baru bermunculan setiap saat. Untuk Anda yang hobi hang out, makan enak, dan butuh content di media sosial, ini jadi salah satu agenda penting nih. Makan enak di café dan restoran, tentu boleh, sesekali, makan yang harganya mahal pun tidak ada salahnya. Namun, jangan sampai beberapa minggu setelah makanan itu tercerna sempurna di dalam tubuh, Anda dikejutkan tagihan kartu kredit berisi angka fantastis yang harus dilunasi.

Agar anda tidak terlilit utang karena makan-makan enak yang harganya mahal, baiknya masukkan restoran-restoran tersebut ke dalam daftar wishlist Anda, catat harga menu yang ingin dicoba, dan berhitung mundur, mulai tabungan untuk mencapai jumlah yang ingin Anda habiskan di restoran tersebut. Saat tagihan datang, bayarlah dengan uang tunai atau kartu debit. Kecuali ada promo dari, hindari menggunakan kartu kredit untuk membayar makanan dan minuman Anda.

Memakai kartu kredit boleh saja, tetapi selalu dibayar penuh saat jatuh tempo dan tidak menumpuk utang untuk pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya tidak darurat alias tidak penting-penting amat!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY