Korek Mesin Jupiter Z Untuk Pemula Pembalap Road Race

0
102

Seribuu – Dalam pengerjaannya cara seting motor harian memang tergolong sederhana dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Korek harian bisa juga dijadikan alternatif kedua para bikers yang suka dengan kecepatan. Mau dibikin standar tapi kencang atau mau yang lebih dari itu,semua itu ada jawabannya tergantung dari modal dan akan di bawa kemana arah spek balapnya.

Baca Juga : Motor Kustom yang Semakin Eksis dari Tahun ke tahun

Karburator bawaan pabrik biasanya motor respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit,itu dikarnakan sepuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurus(kurang) motor jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo. semua itu bisa diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.

Pilot-jet itu spuyer yang diameternya lebih kecil. Takaran anginnya adanya disetel pada sekrup atau istilahnya air screw. Mengetahui setelan mendekati akurat terutama ukuran pilot–jetnya, bisa dideteksi dari putaran setelan anginnya. Caranya, hidupkan mesin, tunggu suhu ideal tercapai.

Buat motor yang benar-benar standar naikin spuyer jangan terlalu besar minimal kita naikin 5 sampai maksimal 10, tapi kalau kita mau rombak yang agak ekstrim bisa lemer karbu,biasanya ada batasan buat ngelemer karbu kita, ku saranin remer 1,5 sampai 2mm, itu juga tidak bisa kita kerjain sendiri kita musti singgah ke tukang bubut.

Di dalam motor standaart , pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian Limiter. Dan itu bisa diatsi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing, bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian. Manfaatnya antara lain meningktakan tenaga, penyalaan busi yang tepat sehingga menghasilkan ledakan besar pula.

Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.

Meningkatkan power mesin motor standar harian bisa saja memanipulasi durasi kem. Memang sudah banyak kem dijual jadi, tapi lebih asyik dikorek sendiri karena karya sendiri. Cukup papas pantat kem sampai batas pinggulnya. Ini sama dengan menambah tinggi bukaan klep dan memperpanjang durasinya. Otomatis aliran bahan bakar makin kaya.

Pemapasan tidak boleh terlalu banyak, cukup 1,5 mm.Jika lebih dari ini akan terjadi floating, karena per klep, pelatuk dan klepnya sendiri tidak bisa melayani. Catat ya hanya boleh dipapas 1.5 mm. Lebih dari ini, dijamin motor anda malah pelan dan boros. Sebabnya, durasinya sudah tidak beratarun. Sekali lagi ingat ya, lobe-nya jangan disentuh. Boleh diterapkan pada semua motor.

LEAVE A REPLY