Tips Backpacker Hemat Biaya

1
9

Seribuu – Siapa bilang kamu harus menyiapkan bujet yang banyak untuk liburan? Jika memilih teknik backpacker, kamu bisa liburan secara praktis dan relatif hemat biaya lho! Selain meringankan kantong, backpacker-an juga bisa membuat kamu lebih leluasa berjelajah.

Jika ini kali pertama kamu melakukan backpacking, cobalah untuk menerapkan beberapa tips dari Traveloka. Yuk, simak 6 tips backpacker-an yang akan membuat liburan kamu semakin nyaman berikut!

1) Tentukan bujet yang akan dikeluarkan

Jika sudah memilih cara backpacker-an untuk berlibur, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan bujet pengeluaran. Alokasi bujet akan membantu kamu untuk mengontrol keuangan. Misalnya, kamu hanya bersedia mengeluarkan bujet maksimal Rp5 juta untuk liburan. Dengan bujet tersebut, kamu bisa mulai menentukan destinasi mana yang tepat untuk kamu kunjungi. Selain itu, kamu bisa lebih realistis dalam memilih berbagai kebutuhan liburan.

Berdasarkan bujet Rp5 juta, susunlah alokasi pengeluaran liburan kamu mulai dari penginapan, transportasi, hingga wisata yang akan dikunjungi. Lalu, jadikan alokasi ini sebagai panduan keuangan selama backpacker-an agar tidak ada pengeluaran yang melebihi bujet.

2) Susun itinerary liburan

Agar bisa maksimal menjelajahi destinasi dalam waktu terbatas, sebaiknya susun itinerary sebelum berangkat. Cari tahu lokasi tempat-tempat wisata, harga tiket masuk, dan jam operasional untuk menyusun jadwal kunjungan. Meski backpacker lekat dengan kesan “santai”, menyusun rencana perjalanan tetap perlu dibuat agar liburan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Tak hanya itu, itinerary juga akan membuat kamu terhindar dari penggunaan uang di luar bujet serta membuang-buang waktu. Bagaimana tidak? Umumnya, para pelancong yang tidak menyiapkan rencana perjalanan kerap bingung menentukan rute kunjungannya. Alhasil, kamu bisa menghabiskan uang dan waktu untuk hal yang tidak diperlukan. Oleh karena itu, cobalah untuk menyiapkan itinerary sesuai kebutuhan kamu ya!

3) Batasi barang bawaan

Agar nyaman backpacker-an, sebaiknya kamu membatasi barang bawaan. Usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak barang agar bisa dimasukkan ke satu ransel atau koper. Agar praktis, sebaiknya siapkanlah kebutuhan per hari. Dengan begitu, kamu bisa menyingkirkan barang yang tidak diperlukan.

Selain akan memudahkan kamu saat beraktivitas, meminimalisasi barang bawaan juga bisa menghemat waktu lho! Pasalnya, kamu tidak perlu memasukan ataupun menunggu barang bagasi saat menaiki transportasi umum. Cukup praktis, bukan?

BACA JUGA : 5 Jam Termahal di Dunia yang Harganya Selangit

4) Bawa bekal minum

Air tentu menjadi salah satu asupan penting agar tubuh tetap terhidrasi selama liburan. Alasan ini pula yang membuat sebagian bujet terpakai untuk membeli minuman. Untuk menyiasatinya, kamu perlu menyiapkan botol minum sendiri. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan berbagai sarana air gratis di berbagai tempat untuk isi ulang botol minum.

Selain bisa lebih berhemat, membawa botol minum sendiri juga dapat membantu mengurangi sampah. Jadi, kamu bisa sekaligus menyelamatkan lingkungan dari bahaya sampah plastik. Apa kamu sudah memulainya?

5) Berburu tiket pesawat jauh-jauh hari

Salah satu hal yang tak kalah penting bagi backpacker adalah menyiapkan tiket transportasi. Agar penggunaan bujet semakin terjangkau, kamu perlu berburu tiket jauh-jauh hari. Pasalnya, ada banyak promo yang bisa kamu dapatkan jika mencari dalam waktu yang panjang.

Namun, bagaimana jika bujet belum terkumpul saat harus membeli tiket pesawat? Tenang saja, saat ini kamu bisa kredit tiket pesawat dengan menggunakan PayLater Traveloka. Dengan fasilitas pembayaran terbaru ini, kamu bisa membeli tiket kapanpun dan membayarnya kemudian.

6) Cari penginapan terjangkau

Meski backpacker-an, bukan berarti kamu harus luntang-lantung tanpa tempat menginap di kota tujuan kok! Kini, ada beragam pilihan penginapan terjangkau yang bisa kamu gunakan untuk bermalam dengan nyaman.

Mulai dari hostel, hotel kapsul, hingga menyewa rumah penduduk lokal merupakan beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Tak jarang pula penginapan yang menyediakan kamar untuk rombongan, jadi kamu bisa membayarnya secara patungan. Di mana pun lokasi menginap, pastikan agar kamu tetap menyimpan barang bawaan dengan aman ya!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY