Wisata Kuliner ke Vietnam

1
11

Seribuu.com – Vietnam merupakan salah satu negara di Asia yang saat ini mulai giat mengembangkan pariwisatanya. Sebagai negara yang mempunyai sejarah yang panjang, tentu saja Vietnam menjadi salah satu negara Asia yang menarik untuk dikunjungi.

Selain menyajikan keindahan wisata alam dan budaya, Vietnam juga punya aneka hidangan khas yang lezat. Karena itulah wisata kuliner juga menjadi salah satu kegiatan yang sangat populer di Vietnam.

Kalau kamu berkesempatan untuk berkunjung ke negara ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi 7 makanan khas berikut ini.

1. Pho

Makanan ini merupakan makanan yang mudah ditemui di Vietnam. Kedai yang menjual Pho ada di seluruh pelosok kota, dan hampir selalu dipenuhi oleh pengunjung. Pho sendiri merupakan sup khas Vietnam.

Makanan asal dari Vietnam utara ini biasanya berisikan bihun (banh pho), daging ayam atau sapi, sayuran, dan disiram dengan kuah kaldu yang gurih. Selain enak, makanan ini menjadi populer dan digemari karena harganya juga murah.

2. Goi Cuon

Sekilas kalau dilihat bentuknya mirip dengan lumpia basah khas Semarang ya? Goi Cuon memang lumpia, tapi khas Vietnam. Sama seperti lumpia Semarang, Goi Cuon ini bisa disajikan segar dan bisa juga disajikan dengan digoreng.

3. Bahn Mi

Bahn Mi atau roti isi adalah sandwich khas Vietnam. Makanan yang satu ini pastinya sih sudah tidak asing lagi. Di Amerika sandwich merupakan makanan yang terkenal, tapi tentu saja isinya berbeda dengan Bahn Mi.

BACA JUGA : Manfaat Mayonnaise untuk Kesehatan Rambut!

4. Cao Lau

Kalau selama ini kita mengenal ramen sebagai mie khas Jepang. Di Vietnam ada Cao Lau, mie khas Vietnam. Makanan ini berasal dari Kota Hoi An, di Vietnam Tengah. Dan mulai populer pada abad ke 17.

Dalam satu porsi Cao Lau berisi mie yang terbuat dari gandum, daging dan sayur-sayuran dan disiram dengan kuah kaldu. Makanan yang satu ini tergolong non-halal karena daging yang digunakan adalah daging babi, dan kuah kaldu babi.

5. Chao

Kalau dilihat hidangan yang satu ini mirip banget ya dengan bubur. Tapi masyarakat Vietnam menyebutnya Chao atau sup nasi. Dan di Vietnam terdapat banyak sekali variasi dari makanan yang satu ini.

Ada Chao yang berisi daging ayam dan jamur. Ada juga yang isinya belut, udang, atau kerang. Namun ada juga Chao yang isinya daging bebek. Di Vietnam biasanya makanan ini disantap pada waktu malam hari.

6. Banh Xeo

Banh Xeo merupakan salah satu makanan Vietnam, bentuknya mirip dengan pancake. Rasanya gurih dan renyah, dan menjadi snack yang sangat disukai oleh para wisatawan yang berkunjung ke Vietnam.

7. Cha Gio

Apa yang kamu pikirkan kalau melihat makanan yang satu ini? Pasti mau bilang kalau bentuknya mirip dengan risoles kan? Di Vietnam nama makanan ini adalah Cha Gio, atau dikenal juga dengan sebutan Nem Ran.

Sebelum digoreng, kulit Cha Gio atau Nem Ran ini akan diisi dengan daging babi atau ayam, kepiting atau udang, tahu dan wortel. Namun masyarakat Vietnam yang vegetarian biasa mengisinya dengan tauge, bihun dan bengkoang saja. Di negara asalnya makanan ini sering disajikan sebagai makanan pembuka.