Pizza New York vs Pizza Italia, Apa Bedanya?

1
13

Seribuu.com – Selain pizza asli Italia, ada pula jenis pizza lain dari New York yang tak kalah populer. Pizza ala New York ini diperkenalkan oleh imigran Italia dan dipopulerkan oleh para tentara Amerika yang bertugas di Perang Dunia II saat kembali ke rumah.

Menariknya, meski sama-sama dari Italia, namun keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan. Selain ukuran dari pizza ala New York yang lebih besar ketimbang pizza khas Italia, tekstur yang dihasilkan pun berbeda.

Kira-kira, apa saja perbedaan dari pizza ala New York style dan pizza Italia? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Cara menyantap

Karena adanya perbedaan ukuran dan tekstur kulit, tentunya masing-masing jenis tersebut punya cara menyantapnya sendiri. Pizza yang punya kulit adonan tipis cenderung sulit untuk diangkat dan disantap menggunakan tangan. Karenanya, jenis pizza ini dimakan dengan garpu dan pisau.

Sebaliknya, pizza ala New York, meskipun kulitnya cenderung tipis, namun ia sedikit lebih tebal dan lebih elastis, sehingga bisa diangkat dan dilipat menjadi dua bagian saat disantap. Oh, dan satu lagi, saking ukurannya besar, biasanya New York Pizza bisa dibeli per slice saja.

2. Diameter pizza

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari pizza khas New York dan Italia terletak pada ukuran diameternya. Pizza ala New York punya ukuran yang sangat besar, bahkan satuslice-nya saja lebih besar dari seukuran telapak tangan orang dewasa.

BACA JUGA : Alasan Kenapa Semakin Bertambah Usia, Teman Berkurang Juga

3. Kulit pizza

Selain ukuran diameternya, kedua jenis pizza ini juga punya yang berbeda. Pizza punya kulit adonan yang sangat tipis, dengan adonan yang mengembang di bagian pinggirnya. Sehingga, kulitnya terasa renyah dan mengandung banyak udara.

Nah, kalau pizza ala New York, meskipun kulitnya juga cukup tipis, tapi tekstur adonannya lebih kokoh. Ketebalan dari pinggiran kulitnya pun harus sama tinggi dengan jumlahtopping yang ditambahkan, agar tak berjatuhan saat potongan pizza diangkat.

4. Metode memasak

Bukan hanya perbedaan yang ada pada tampilannya, metode memasaknya pun berbeda pula. Pizza dibuat menggunakan tepung terigu jenis 00 yang dicampur air, garam, dan lalu dimasak dengan suhu tinggi menggunakan oven kayu.

Sedangkan, pizza ala New York biasanya dibuat menggunakan terigu tinggi gluten yang ditarik hingga ukurannya melebar. Setelahnya, adonan tersebut dipanggang menggunakan oven arang dengan suhu rendah dan waktu yang lebih lama. Komposisi adonannya pun dicampur dengan kombinasi minyak, gula, malt, dan telur.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY