Inilah Jenis-jenis Masker Tanah Liat Beserta Fungsinya

0
8

Seribuu.com – Pastinya kalian sudah sering mendegar tentang masker tanah liat dan fungsinya untuk wajah kan? Nah, ternyata ada beberapa jenis tanah liat lho. Sebelum kamu memilih masker tanah liat, penting untuk melihat jenis apa tanah liat yang terkandung. Itu dikarenakan tiap jenis tanah liat memiliki kegunaan yang berbeda-beda untuk wajah. Apa saja sih jenis tanah liat itu? Simak selengkapnya di halaman berikut.

1. Kaolin
Kalian mungkin pernah melihat tanah liat jenis kaolin dengan berbagai warna; putih, kuning, merah, dan pink adalah warna-warna yang sering ditemukan, dengan keunggulan yang berbeda-beda pula. Kaolin putih adalah yang paling lembut, sehigga cocok untuk kulit kering dan sensitif. Meskipun begitu, kemampuan menyerapnya tidak begitu menonjol. Kaolin kuning bisa lebih menyerap dari kaolin putih dan bisa untuk eksfoliasi, tetapi masih cukup lembut untuk kulit sensitif.

2. Bentonit
Tanah liat jenis ini sangat populer untuk kecantikan. Kamu mungkin sering mendapatinya dalam hampir setiap komposisi produk perawatan wajah. Itu karena kemampuannya untuk menyerap yang membuat masker ini sangat cocok untuk kulit berminyak. Tanah liat bentonit atau bentonite clay akan menyerap semua kelebihan minyak. Tidak hanya itu, tanah liat ini juga memiliki kandungan elektrik yang jika dicampur dengan air akan membuat molekul-molekul di dalamnya menarik keluar racun di dalam wajah seperti magnet.

BACA JUGA : Avenger 4: Endgame Yang Akan Tayang 2019 Tahun Ini

3. French Green
Dikenal juga dengan sebutan lempung hijau dalam bahasa Indonesia. Tanah liat jenis ini sangat cocok untuk pengelupasan kulit mati dan menyerap kotoran dalam kulit. Warna hijau pada lempung ini berasal dari tumbuh-tumbuhan yang telah terdekomposisi dan oksidasi zat besi yang merupakan faktor utama dari kualitas lempung hijau. Manfaatnya tidak hanya untuk mengelupas kulit mati dan menyerap kotoran, tetapi juga menarik darah ke permukaan kulit, sehingga kamu akan merasakan sensasi menyengat saat memakainya, yang merupakan efek dari peningkatan sirkulasi.

4. Lumpur Fuller’s Earth
Tanah liat jenis ini disebut juga dengan tanah serap, jenis lain lagi yang memiliki kemampuan kuat untuk menyerap minyak dan racun pada wajah. Selain itu, lumpur tanah serap juga bisa mengatasi hiperpigmentasi pada wajah karena memiliki kandungan mencerahkan. Jika dikombinasikan dengan air mawar dan digunakan sebagai masker, tanah liat ini bisa meningkatkan sirkulasi.

5. Rhassoul
Dikenal juga dengan tanah liat ghassoul. Ini adalah jenis tanah liat unik yang bisa digunakan untuk kulit dan rambut. Tanah liat ini berasal dari pertambangan di Maroko dan kaya akan mineral. Maka itu, tak heran jika tanah liat ini bisa menjadi magnet yang menarik keluar minyak, sumbatan pori, komedo, blacheads, dan bahkan minyak yang menyumbat akar rambut. Tenang saja, meskipun tanah liat ini menyerap minyak, efeknya tidak akan membuat kering karena teksturnya sangat elastis dan memiliki efek yang melembabkan

LEAVE A REPLY