2 Robot Buatan Termirip Manusia di Dunia

0
35

Seribuu – Perkembangan robot saat ini udah memiliki kemampuan yang semakin mendekati kemampuan manusia atau hewan. Layaknya makhluk hidup, robot tersebut mampu ngenalin dan ngerespons suara, mampu berjalan, berlari, mengangkat beban, dan sebagainya. Kalau udah ngelihat mereka, mungkin timbul kekhawatiran dalam diri lo: jangan-jangan, suatu saat robot bakal menginvasi kehidupan.

Nah, inilah delapan robot yang kemampuannya mendekati makhluk hidup sesungguhnya. Yuk, simak!

1. Asuna

Jepang dikenal sebagai negara yang canggih dalam berinovasi di bidang teknologi, khususnya menciptakan robot. Pada 2014, seorang ahli robotik Jepang dari Universitas Osaka, Jepang, Profesor Hiroshi Ishiguro, bikin robot android ini dan sempat dia pamerin di Tokyo Designers Week. Meski belum dibekali AI, robot ini direncanain bakal memiliki sistem kecerdasan buatan sekitar 5—10 tahun ke depan.

BACA JUGA : 300 Juta Hanya Untuk Main Game Mengunakan Acer Predator Thronos

Dilansir Dramafever, Asuna memiliki tekstur kulit yang menyerupai manusia. Bahkan, dia diciptakan dengan kemampuan nampilin mimik wajah sesuai dengan standar manusia pada umumnya. Matanya bisa berkedip dan pergerakan mulutnya terlihat natural. Semua ini dapat terwujud karena komposisi kulit dari bahan silikon dan rangkaian otot animatronic yang membekalinya.

2. Han

Robot bernama Han ini didesain oleh Hanson Robotics. Robot yang menyerupai wajah manusia ini pun dilengkapi dengan komponen yang bernama Frubber, gabungan dari kata flesh dan rubber yang berarti daging dan karet. Han pertama kali dikenalin di ajang Global Sources Electronics Fair Hong Kong pada 2015.

Uniknya, robot cowok ini bisa berinteraksi dengan manusia. Dilansir Hans on Robotic, Han bisa mengidentifikasikan ekspresi, menggerakkan bola mata, bahkan, melakukan percakapan sederhana. Sayang, robot ini enggak sesempurna tubuh Asuna yang mirip manusia. Justru, robot ini enggak memiliki anggota tubuh selain kepala. Bayangin aja kalau lo ngobrol dengan kepala seseorang tanpa tubuh. Ditambah, ekspresinya yang agak menyeramkan karena benar-benar menirukan manusia.

LEAVE A REPLY