Peduli dengan Lingkungan, Pria Ini Membangun Rumah dengan Botol Plastik. Gokil!

1
97

SERIBUU.Com – Hal terkecil apa sih yang udah Agan Sista lakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan? Saat ini antusias orang-orang untuk membenahi perlahan-lahan mulai terlihat. Nggak sedikit diantara mereka yang memiliki inisiatif untuk menghentikan kerusakan lingkungan yang telah memiliki berbagai dampak buruk ini. Misalnya aja seperti kelangkaan beberapa hewan, kelangkaan air, polusi udara, dan lain sebagainya.Rasanya sedih banget ya kalau tahu dampaknya semengerikan ini.

Saat ini, berbagai macam ide untuk menciptakan hidup yang lebih ramah lingkungan pun mulai bermunculan. Seperti halnya yang dilakukan oleh seorang pria yang berasal dari Kanada ini. Pria bernama Robert Bezeau ini merasa lelah dengan banyaknya botol plastik yang tersebar dimana-mana. Lelaki ini pun akhirnya mencari cara agar sampah-sampah tersebut bisa dipakai kembali dan nggak berakhir sia-sia.

Robert pun kemudian pindah ke Panama dan memulai untuk membuat sebuah situs bernama Plastic Bottle Village, dan juga membangun sebuah kehidupan yang mengandalkan botol-botol sampah plastik untuk dipergunakan kembali. Hmmm, mungkin ini konsepnya agak serupa tapi tak sama dengan bank sampah yang ada di beberapa wilayah di Indonesia gitu kali ya Gan Sis.

BACA JUGA : “Banjir di Jakarta, 1.539 Warga Masih Mengungsi”

Di dalam desa ini, Robert pun membangun rumah yang terbuat dari sampah botol plastik. Keren banget Gan Sis! Pria ini menuturkan jika sebenarnya tujuan untuk membuat bangunan tersebut adalah untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurangi sampah plastik. Atau mungkin menggunakannya kembali gitu lah.

Menurut Robert, sebenarnya sampah botol plastik ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Misalnya aja seperti membuat sekat rumah, barak pengungsian sementara saat terjadi bencana, septic tank, kandang peternakan, dan lain sebagainya.

Untuk membuat bangunan rumah ini, Robert memerlukan sebanyak 14,000 botol plastik untuk setiap 100 meter persegi bangunan. Waktu proses pembangunan mungkin bentukannya kurang estetik ya Gan Sis, tapi setelah jadi ya mirip-mirip aja sama rumah pada umumnya. Menurut Robert pun rumah ini juga dinilai memiliki ketahanan terhadap gempa, juga memiliki sirkulasi udara yang sangat baik sehingga nggak perlu lagi tuh yang namanya menggunakan AC. Gokil ya Gan Sis!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY