Penipu Online Incar Penggemar “Avengers: Endgame”

2
28
Penipu Online Incar Penggemar "Avengers: Endgame"

SERIBUU Film Avengers: Endgame menjadi film yang paing dinanti penggemar Avengers di seluruh dunia. Bagaimana tidak, film ini adalah pamungkas dari perjalanan 11 tahun Marvel Cinematic Univers (MCU) menggarap film. Tapi ternyata, bukan cuma penggemar Avengers saja yang menantikan film ini. Para scammer alias penipu online juga, untuk mencegat para penggemar Avengers agar mau menyerahkan identitas dunia maya mereka secara sukarela.

Mereka sengaja mengincar penggemar yang mencari-cari tayangan film Avengers: Endgame secara online yang tentunya melalui situs tidak resmi. “Godaan untuk mengambil beberapa jalan pintas keamanan demi menonton film yang telah lama ditunggu-tunggu dan tidak perlu khawatir akan spoiler atau tiket terjual habis dapat terbukti sangat menarik bagi penggemar setia, itulah yang menjadi mangsa para pelaku kejahatan siber” jelas Tatyana Sidorina, peneliti Kaspersky Lab.

Cara Menipu

Para Scammers akan mencegat penggemar Avengers dengan iming-iming bisa mengunduh film seutuhnya atau menonton film secara streaming. Sebagai gantinya, calon penonton harus membuat akun lebih dulu dengan mengisi e-mail dan kata sandi. Tidak cukup hanya memberikan e-mail dan kata sandi saja. Calon penonton juga harus memberikan informasi tagihan dan detail kartu kredit termasuk kode verifikasi (CVC) yang tertempel di bagian belakang kartu.

LIHAT JUGA : “Menguji Kenyamanan New Honda BR-V”

Untuk menghindari kecurigaan, mereka akan memastikan bahwa informasi kartu kredit hanya akan digunakan untuk keperluan validasi bahwa pengguna berasal dari negara di mana situs web itu “memiliki lisensi untuk mendistribusikan konten”. Tentu saja, mereka tidak memiliki hak tersebut.

Sebab selama film masih tayang di bioskop, akses streaming online tidak akan berlaku. Dalam situs web itu juga disebutkan bahwa pengguna tidak akan dikenakan biaya apapun. Tapi pada akhirnya, pengguna harus membayar dengan kekecewaan karena film yang dijanjikan tidak akan muncul.

Scammer yang telah mendapatkan alamat e-mail, kata sandi, dan detail kartu kredit tadi, hanya akan menampilkan deretan trailer film “Avengers: Endgame”. Sebagian orang mungkin tidak langsung merasa rugi. Tapi sayangnya, dalam keterangan resmi Kaspersky Lab yang diperoleh KompasTekno, Selasa (7/5/2019), masih banyak orang-orang yang cenderung menggunakan password yang sama untuk banyak akun.

Bahkan hampir semua orang melakukannya. Dengan demikian, alamat e-mail dan kata sandi yang berhasil didapatkan para penipu tadi, bisa saja disalahgunakan dengan mencocokkan kredensial akun di situs web lain. Dari sinilah potensi pembobolan akun pengguna di situs lain, termasuk media sosial, toko online, layanan streaming, gaming, dan sebagainya terbuka.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY