Daftar Aneh Barang Impor Terlarang di Berbagai Dunia

0
15

SERIBUU.COM – Jangan heran jika bahan peledak, minuman, atau senjata tajam dilarang masuk sebuah negara. Namun barang-barang ini pasti buat Anda heran
Sudah kewajiban setiap negara untuk mencegah masuknya barang terlarang dari negara luar. Senjata tajam, bahan peledak, obat terlarang, adalah beberapa produk umum yang selama ini ditangkal petugas Bea Cukai.

Namun, beberapa negara ternyata melangkah lebih jauh. Mereka memiliki aturan yang lebih ketat daripada negara lainnya. Bahkan ada negara yang menerapkan larangan masuknya barang-barang impor diluar kelaziman.

Misalnya, negara Sierra Leone melarang semua jenis sikat dari Jepang. Sementara Saint Lucia melarang impor sikat cukur dari Jepang karena adanya skandal kontaminasi antraks di awal 1900-an.

Mengutip laman emirates247, Selasa, 28 Juli 2015, berikut adalah ketentuan tak lazim pelarangan impor produk dari sejumlah negara:

Tunisia

Negara ini melarang impor pensil. Anehnya, Italia hanya mengizinkan pengiriman mainan jika terbuat dari kayu.

Bostwana

Penduduk negara ini harus memutar otak untuk mencari madu mengingat negara ini melarang impor saripati tumbuhan ini.

Guatemala

Untuk menghindari penduduknya meniru menjadi polisi atau menyalahgunakan alat ini untuk kepentingan pribadi, Guatema melarang impor peluit untuk polisi.

BACA JUGA : Jepang Lirik Sepatu Karya Anak Bangsa

Brasil

Pemerintah Negeri Samba ini melarang perusahaan penerbitan dan percetakan mengimpor buku yang tidak ditulis dalam bahasa Portugis.

Sementara di Nikaragua, negara ini sangat anti dengan segala jenis buku atau literatur yang berbau komunis.

Bulgaria

Jika pakaian bekas impor laris manis di Indonesia, tidak demikian di Bulgaria. Bagi Bulgaria, memperjualbelikan pakaian bekas impor adalah ilegal.

Iran

Melarang warganya untuk membaca majalah fashion.

Malaysia

Negeri Jiran ini tidak memperbolehkan impor barang-barang yang diiklankan sebagai jimat.

Benin

Warga Benin sepertinya harus puas dengan sumber air negaranya karena air mineral kemasan dilarang masuk ke negara tersebut.

Turkmenistan

Anda bisa bebas berfoto ria di Turkmenistan tapi foto-foto tersebut akan dirampas saat keluar negara itu jika masih dalam keadaan belum jadi. Mungkin ini berlaku bagi kamera jadul yang masih menggunakan film.

Israel

Bumbu-bumbu masakan dalam jumlah besar tidak boleh masuk ke Israel. Pemerintah di sana hanya mengizinkan impor bumbu maksimal 1 kg.

Demikian juga dengan Madagaskar yang melarang impor sardin dalam jumlah besar. Kaleng sardin yang boleh diimpor beratnya tidak lebih dari 1 kg.

LEAVE A REPLY